Aprilia: Aturan MotoGP Semakin Tidak Jelas

CEO Aprilia Racing telah memberikan penilaian yang memberatkan terhadap pemolisian FIM tentang fitur aerodinamis baru pada mesin MotoGP, menyebut prosedur untuk memeriksa legalitas mereka sebagai “lelucon”.

Massimo Rivola tidak menahan diri ketika memberikan putusannya pada keputusan Pengadilan Banding MotoGP baru-baru ini untuk memerintah mendukung Ducati, setelah Aprilia, Honda, Suzuki dan KTM memprotes perangkat yang melekat pada swingarm GP19 di Qatar.

Seiring dengan mengatakan aturan “tidak jelas”, Rivola mengklaim ada ketidakkonsistenan kepolisian mereka oleh Direktur Teknis MotoGP Danny Aldridge dari grand prix Qatar ke penampilan di Pengadilan Banding MotoGP.

Sebagai mantan Direktur Olahraga di Formula1, Rivola sadar akan bahaya perkembangan aerodinamis yang cukup besar. Insiden ini, menurutnya, hanya membuat marah Honda, dan bisa mempercepat perang aero antara enam pabrik MotoGP.

“Di satu sisi saya agak kecewa tetapi hampir seperti yang saya harapkan,” kata Rivola, mengenai keputusan Pengadilan Banding MotoGP untuk menilai perangkat swingarm sebagai hal yang legal. “Saya tahu FIM tidak bisa menolak apa yang dinyatakan salah satu anggotanya meskipun direktur teknis mengubah pendapatnya selama sidang, menentang apa yang dia tulis dan kemudian apa yang dia tandatangani. Ini adalah sesuatu yang harus kita pikirkan.

“Saya tahu itu sulit, tetapi bukan itu yang saya maksud. Biar saya katakan saya menang karena alasan sederhana bahwa poin saya adalah mengangkat tangan dan mengatakan ada sesuatu yang salah di sini. Pertama, aturannya tidak begitu jelas. Kedua, cara mereka diawasi adalah lelucon.

“Dan poin bagus lainnya yang saya pikir adalah jika kita pergi ke arah aerodinamis, kita semua akan kalah. Itu bukan arah ke mana bahkan Dorna ingin pergi. Itu bukan cara untuk membatasi biaya atau pengembangan aerodinamis terutama. “

Rivola marah dengan apa yang ia rasakan sebagai perubahan taktik dari Direktur Teknis. Selama sidang Pengadilan Banding, katanya, dikatakan perangkat swingarm Ducati legal karena “tujuan utamanya adalah untuk mendinginkan ban [belakang].”

Itu berbeda, Rivola mengklaim, dengan alasan IRTA diberikan segera setelah balapan di Qatar. Italia bahkan membaca email yang diterima dari Direktur Teknis yang menyatakan perangkat swingarm Ducati disetujui ” semata-mata … untuk membantu pendinginan ke ban belakang.”

Menurut Rivola keempat pabrik yang memprotes – dan Ducati – membuktikan di Pengadilan Banding bahwa menambahkan downforce ke ban belakang adalah konsekuensi dari menggunakan perangkat swingarm. Karena itu di matanya itu tidak “semata-mata” membantu pendinginan ban belakang.

“Dia [Direktur Teknis] mengatakan bahwa dia mengerti bahwa tujuan utama dari [spoiler] sayap itu adalah untuk mendinginkan ban. Sebaliknya apa yang ia nyatakan dan tuliskan bukanlah yang itu.

“Ketika kami berada di Qatar ia menulis [membaca email yang dikirim oleh Direktur Teknis tanggal dari malam GP Qatar] dengan lampiran yang digunakan oleh pembalap Ducati Dovizioso, Petrucci dan Miller diberikan semata-mata pada informasi dari Ducati bahwa tujuannya lampiran adalah untuk membantu pendinginan hanya untuk ban belakang. ‘

“Jadi dia mengatakan bahwa satu-satunya tujuan adalah untuk mendinginkan ban, sementara di ruangan itu [di Pengadilan Banding] kita semua menunjukkan, termasuk Ducati, yang cukup menarik, bahwa perangkat itu menurunkan daya.

“Yang lebih menarik adalah kita semua menunjukkan angka dari Honda ke Ducati kepada kita, dan jumlah penelitian ini sangat mirip. Hanya Honda yang melakukan tes terowongan angin dan jumlah Honda adalah yang terkecil dari empat.

“Tetapi Honda mengatakan ‘meskipun nomor kami adalah yang terkecil, saya tidak membawanya ke motor karena menghasilkan downforce dan mengatakan bahwa [membaca email]’ Ini bukan untuk menghasilkan downforce atau gaya aerodinamis sehubungan dengan tanah. ‘

“Jadi dengan cara selama Anda menunjukkan itu menghasilkan downforce, Anda harus melarang perangkat. Maksud saya mudah. Jadi dari sudut pandang rasional, sidang seharusnya tetap selama dua menit. Kami tinggal selama tujuh jam.

“Sekarang kami sudah memberi Honda motivasi. Cukup adil. Artinya kita akan menyalin solusi itu. Kami akan menghabiskan uang untuk itu. Kami akan pergi ke arah aero yang, seperti yang saya katakan dari pengalaman saya, adalah arah yang salah. Kami akan menghabiskan uang di daerah yang tidak membayar siapa pun. “

Rivola mengklarifikasi niat Aprilia untuk mengembangkan perangkat seperti itu di luar musim liburan. “Pada 19 Februari kami meminta Aldridge untuk belajar dan mengembangkan sesuatu di bidang itu. Kami melihat ide Yamaha di atas air. Itu sangat keren.

“Kami berkata, ‘Bisakah kita mengembangkan sesuatu di sana?’ Jawabannya adalah ‘Ingatlah bahwa Anda dapat mengembangkan sesuatu di sana hanya jika Anda menggunakan perangkat air dan hanya untuk kondisi basah.’

“Lalu ada tes di Qatar dan [Ducati] menggunakannya. Itu tidak hujan. Pada tanggal 2 Maret ada klarifikasi yang [menunjuk ke laptop] ini yang masih mengatakan ‘Tujuan utama bukan untuk menghasilkan downforce sehubungan dengan tanah.’

“Ketika Anda melakukan suatu aturan, Anda harus berada dalam posisi untuk mengukur aturan dan mengawasi aturan tersebut. Pertama-tama, jika Anda tahu ada area abu-abu, ketika Anda pergi ke garasi Ducati dan mereka memberi tahu Anda, ‘Kami punya sayap atau sendok ini …’ ‘Untuk apa?’ “Ini untuk mendinginkan ban.” Apa yang harus kamu lakukan? Anda harus meminta untuk melihat beberapa data. Itu tidak terjadi. Sekarang mereka memiliki keunggulan dan saya pikir ini tidak adil. “

Apakah Aprilia sekarang akan mengembangkan perangkat swingarm yang serupa? “Kami bukan Ducati. Kami bahkan tidak memiliki satu orang yang didedikasikan untuk itu. Pada 19 Februari kami berpikir untuk pergi ke arah itu atau kami berpikir untuk pergi ke orang lain.

“Sekarang kami menghentikan apa yang kami lakukan dan sekarang kami harus berkonsentrasi pada apa yang kami berhenti lakukan. Kita dapat dengan mudah menyalin dan meletakkannya di sepeda, tetapi Anda mengerti ini bukan pendekatan yang tepat

“Tetapi jika ini cara untuk bekerja di sini kita dapat beradaptasi dengan itu. Hanya saja harganya akan lebih mahal. Ada satu yang bisa menghabiskan hal-hal kecil akan menjadi lebih besar dan lebih besar. “

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here