Beranda MotoGP Fungsi tombol warna-warni pada stang motor MotoGP

Fungsi tombol warna-warni pada stang motor MotoGP

Monsterbalap.com – Motor yang digunakan untuk ajang balapan di MotoGP merupakan motor khusus yang memang diciptakan untuk balapan. Berbeda dengan ajang Word Super Bike (WSBK) yang menggunakan motor produksi masal seperti Yamaha R1, Honda CBR1000RR, Suzuki GSX1000R dll.

Jadi sangat wajar jika motor MotoGP mempunya segudang teknologi canggih yang jarang kita temui pada motor produksi masal. Mulai dari ECU dan perngkat elektronik lainnya.

Tentu kalian pernah melihat kan sebuah tombol warna-warni yang ada di stang motor MotoGP? Nah, tapi apakah kalian mengetahui apa fungsi tombol warna-warni di stang motor MotoGP tersebut? Jika belum mengerti mari kita simak penjelasan pendek di bawah ini.

Pada stang motor MotoGP biasanya terdapat lima tombol warna-warni, mungkin setiap pabrikan atau tim berbeda jumlah dan warnanya, tapi meski begitu tombol-tombol pada motor tersebut mempunyai fungsi yang kurang lebih sama.

Fungsi tombol berwarna di stang motor MotoGP.

Tombol merah:

Tombol merah mempunya fungsi untuk mengatur Mapping yang mempunyai tiga level, Mapping Level A merupakan tingkat yang paling tinggi, level B tingkat sedang, dan C tingkat yang paling rendah.

Jika di indikator speedo meter pada warna merah sudah menunjukkan pada tingkat A, jika tombol merah ditekan maka akan turun ke tingkat B hinga C, dan akan kembali ke tingkat A setelah tombol ditekan kembali.

Tombol biru:

Tombol biru fungsinya adalah untuk mode Launch Control, tombol ini biasanya digunakan saat pembalap melakukan start. Pada saat start hendak dimulai pembalap tidak perlu memasukan gigi, cukup menekan tombol ini saja untuk segera melaju.

Tombol kuning:

Tombol ini digunakan untuk mapping konsumsi bahan bakar. Sama seperti halnya tombol merah, tombol kuning ini juga mempunyai tingkatan yang berbeda dari tingkat A hingga ke tingkat C, tingkat C adalah mode mappung yang paling hemat.

Tombol hijau:

Tombol ini berfungsi untuk engine brake. Jika ditekan maka sistem akan menginformasikan ke ECU untuk memperlambat putaran pada ban belakang. Tombol ini adalah tombol yang sagngat sering digunakan, terutama saat memasuki tikungan dan pada lap-lap akhir.

Tombol abu-abu:

Tombol abu-abu adalah untuk mode Pit lane yaitu untuk membatasi kecepatan motor saat masuk ke pit lane. Pembatasan kecepatan di setiap sirkuit berbeda-beda, ada yang 20km/h hingga 60km/h tergantung panjang trek.

Gimana, sudah paham? Tombol di atas adalah contoh tombol dari Motor Ducati.

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here