Beranda MotoGP Ini dia penyebab motor Marquez mengalami kegagalan mesin (Blown Engine)

Ini dia penyebab motor Marquez mengalami kegagalan mesin (Blown Engine)

Monsterbalap – Balapan di MotoGP Silverstone, Inggris telah berlalu, namun sampai saat ini masih meninggalkan pertanyaan terutama buat para fans Marquez, yaitu pertanyaan tentang sebenarnya apa yang dialami Marquez dan apa penyebab motornya bisa mengalami Engine failur?

Mbah sendiri sebenarnya juga penasaran dan heran kok bisa ya Motor sekelas Honda bisa mengalami kegagalan mesin. Ini adalah kejadian pertama kalinya sejak 10 tahun yang lalu yang dimana hal serupa juga dialami oleh Nicky Hayden.

Tentu ini menjadi pukulan sendiri buat Marc,pasalnya dengan insiden tersebut posisinya di papan klasemen berhasil direbut oleh Dovizioso. Lalu sebenarnya apa sih penyebabnya? Disini mbah akan mencoba memberi sedikit analisis cetek yang mbah dapet dari mimpi semalam,soalnya mbah mencoba muter-muter nyari data tentang penyebabnya sama sekali nggak nemu.

Tahu sendiri lah kalian bagaimana Marquez menjalani race kemarin minggu? Pertamanya doi santai banget alias nggak memaksakan. Tapi setelah diovertake Dovi doi jadi liar,apalagi setelah diovertake Vinales juga,widihhhh tambah agresiff banget euy….

Disini juga terdapat 2 bagian trek yang memiliki panjang yang lumayan,tentu RPM yang mencapai limit juga sangat mempengaruhi, seperti halnya Rossi yang mengalami hal yang sama di Mugello tahun lalu karena RPM yang nggak stabil karena guncangan yang diakibatkan kurang ratanya trek sebelum garis finish dan menyebabkan roda melayang,dan saat yang bersamaan RPM langsung melonjak naik tak beraturan (alias nggereng).

Untuk masalah Marquez mungkin tidak sama persis sama yang dialami Rossi, tapi ada sedikit kesamaan seperti yang mbah jelaskan tadi. Tapi puncak insiden yang dialami Marquez adalah dititik track end/menjelang tikungan.

Yap, dari kecepatan 300km/h langsung melakukan pengereman dibarengi dengan engine brake, sebenarnya memang wajar engine brake dilakukan oleh seorang pembalap, tapi mungkin berbeda halnya jika kondisi mesin yang nggak kuat.

Setelah mbah lihat ulang videonya ternyata Knalpot Marc ngebul terjadi ketika marc melakukan pengereman yang dibarengi dengan engine brake. Mbah berasumsi bahwa efek engine brake itulah yang menjadi penyebabnya karena menimbulkan efek hentakan yang berlebihan pada mesin.

Entah bener atau nggak tapi kenyataanya insiden itu terjadi pas Marquez melakukan engine brake. Sebenarnya agak aneh juga ya mengingat mesin yang digunakan Marquez adalah mesin baru, dan sebelumnya juga nggak ada tanda-tanda.

Kalau ibarat motor tipe biasa jelas engine brake sangat berpengaruh yang dimana langsung menyerang Kruk As-stang seher-seher lalu meleduk. Tapi ini motor Prototype lohh, ahhh mbuhh untuk detailnya kita tunggu saja pernyataan resmi sari pihak Honda/HRC.

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here