Beranda MotoGP Kenapa Jorge Lorenzo sekarang lebih cepat?

Kenapa Jorge Lorenzo sekarang lebih cepat?

Alasan utama Lorenzo lebih cepat karena permintaan yang dia minta sudah dikabulkan

MONSTERBALAP.COM – Pada dua balapan terakhir, Mugello dan Catalunya kita disuguhkan penampilan yang luar biasa dari Jorge Lorenzo. Mengesankan, Sampean bayangin aja, selama satu setengah tahun dia bersusah payah untuk beradaptasi dengan Desmosedici akhirnya kini dia bisa kompetitif juga.

Nahh mungkin dari kalian banyak yang bertanya-tanya “Kok bisa sih sekarang Lorenzo lebih cepat dan kompetitif, minum jamu apa? Ndukun dimana?”. Tapi untuk yang ini kita bahas di akhir aja.

Seperti yang kita ketahui musim pertama Lorenzo bersama Ducati merupakan musim terburukanya selama doi berkaris di kelas premier, Lhaa piye enggak wong sama sekali nggak pernah menang, cuma meraih dua podium tog (Kalau nggak salah), mirisss.

Tapi di musim berikutnya (Musim ini) Dia bisa memperbaiki performanya, tapi juga nggak gampang gess, karena di awal musim 2018 ini dia juga terseok-seok. Bahkan dia juga mendapat sindiran dari Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti yang mengatakan bahwa Lorenzo hanya kuat di awal-awal lap saja, setelah itu posisinya langsung merosot. Selebihnya lihat DISINI

“Di sini, Le Mans dia melakukan sembilan lap pertama yang bagus namun kemudian kalah putaran demi putaran dan finis di urutan keenam.” Ucap Ciabatti.

Kembali ke topik, Lalu apa mbah alasan Lorenzo bisa kompetitif? Jauh sebelumnya pada musim ini Lorenzo pernah meminta Ducati untuk melakukan perubahan atau modifikasi pada motornya, modifikasi yang dimaksud seperti Frame dan Tangki BBM.

Namun Ducati enggak begitu responsif terhadap permintaan Lorenzo tersebut, cuma nanti nanti tog, mlebu kuping kiwo metu kuping tengen.

Frame permintaan Lorenzo datang saat grand prix di Jerez, namun frame tersebut tidak membawa pengaruh banyak pada performa Lorenzo. Lalu Modifikasi pada tangki bensin baru terealisasikan saat balapan di Mugello. Dan alhasil Lorenzo mampu meraih kemenangan pertamanya selama bersama Ducati di Mugello.

Tapi mosok iyo mbah cuma gara-gara tangki Lorenzo iso menangan? Yo iso wae. Untuk saat ini alasan kenapa Lorenzo bisa kompetitif ya karena tangki BBM itu. Meskipun cuma modifikasi tangki, tapi pengaruhnya sangat besar.

Itu soal kenyamanan, dengan perubahan modifikasi pada tangki tersebut maka si pengendara bisa lebih nyaman dan leluasa saat rebahan di tikungan seperti yang dia inginkan. Dengan tangki sebelumnya saat rebahan di tikungan kaki Lorenzo terlalu mengkangkang (mengkangkang bahasa Indonesia ne opo ya?), jadi tidak bisa memaksimalkan speed corner layaknya di Yamaha.

Dengan tangki yang lebih ramping Lorenzo bisa lebih nyaman saat rebahan di tikungan, karena lean angle nya dapet, jadi kecepatan saat di tikungannya juga dapet.

Soal kecepatan speed,memang diakui bahwa motor Ducati merupakan motor yang paling cepat diantara para rival, tapi percuma motor cepat kalau nggak nyaman saat naikin. Sama halnya dengan ibaratnya pacar, ‘percuma pacar cantik kalau nggak nyaman saat dinaikin’, wadohhh opo kuwi mbah?

Bahkan Lorenzo sendiri juga mengatakan bahwa seorang Valentino Rossi pun bisa menang dengan Ducati yang sekarang Ia pakai.

Lorenzo: “Rossi bisa menang dengan Ducati saya (yang sekarang)? Saya paham Ducati zaman Rossi sangat sulit (bahkan) dengan hanya melihat tampilan luarnya. Beda dengan ducati saya (sekarang) yang lebih komplit. Dia pembalap hebat dan saya rasa dia bisa menang (dengan ducati sekarang).”

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here