Beranda MotoGP Kenapa Marc Marquez tidak pernah bermasalah dengan grip ban?

Kenapa Marc Marquez tidak pernah bermasalah dengan grip ban?

Sebenarnya ini adalah pertanyaan yang sepele, namun jawabannya begitu rumit dan membingungkan. Sepanjang musim MotoGP 2018 hampir kita tidak pernah mendengar Marquez bermasalah dengan ban saat race berlangsung.

Ini sangat aneh dan membingungkan, bukan kita saja sebagai penggemar, bahkan pembalap pun juga ada yang bingung dengan hal itu.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi ban mengalami degradasi atau grip melemah. Seperti karena faktor cuaca, suhu lintasan, ridding style pembalap, dll. Tapi apakah semua faktor tersebut tidak berpengaruh pada ban yang digunakan Marquez? Hanya tuhan yang tahu.

Seperti balapan di Jepang kemarin. Dovizioso menggunakan ban depan soft dan belakang medium, Marquez menggunakan ban depan belakang berkompon medium, Cal Crutchlow menggunakan ban yang sama dengan yang digunakan Marquez.

Tapi dari ketiga pembalap tersebut siapa yang tidak bermasalah dengan ban? yap, hanya Marquez.

Saat memimpin balapan Dovizioso mempunyai kecepatan atau pace yang bagus. Menurut pandangan saya, untuk mempertahankan grip ban sampai akhir balapan, Dovizioso menggunakan strategi yang sangat aneh.

Di lap tertentu dia cepat, beberapa lap kemudian lambat, dan kemudian cepat lagi. Menurut saya itu adalah upaya dari Dovizioso untuk menjaga grip ban. Namun dengan strategi atau permainan Dovi tersebut, Marc Marquez masih bisa mengikuti dari belakang Dovi seolah-olah menikmati permainan Dovi dan yakin kalau Dovizioso akan kehabisan grip.

Dan pada akhirnya Marquez berhasil overtaking Dovi saat grip Dovi mulai habis. Dovi sendiri juga kebingungan akan hal itu.

“Marquez sangat luar biasa, dan dia pantas meraihh gelar juara dunia musim ini. Tapi kali ini sangat bingung kenapa dia sangat mudah melewatiku dan tetap terus bertahan di depan. Aku benar-benar heran, secepat itu kah dia merubah gaya balapnya? Aku benar-benar tidak tahu, mungkin aku harus mempelajarinya.” Ucap Dovizioso.

Cal Crutchlow menggunakan ban yang sama dengan Marquez. Sejak awal Cal mampu menempel di belakang Marquez, dan pada akhirnya Cal kehabisan grip sekitar 5 lap terakhir, tapi kenapa Marquez tidak?

“Semua orang akan percaya bahwa itu akan menjadi pertempuran sampai tikungan terakhir.”

“saya senang untuk tim yang telah melakukan pekerjaan hebat sepanjang akhir pekan. Dovizioso mengatur kecepatan sepanjang balapan, tetapi pada satu titik saya mengalami masalah dengan grip ban belakang, saya mencoba berusaha untuk menyelamatkan ban, hingga sampai akhirnya saya mendapat posisi kedua dan saya senang.Sekarang kita harus melanjutkan semangat yang baik ini. ” Kata Cal Crutchlow.

Bukan balapan kemarin saja, hal yang sama juga terjadi saat MotoGP Sachsenring, German. Saat itu Marquez memakai ban berkompon Soft, sedangkan yang lawan yang lain menggunakan ban medium dan beberapa hard. Pembalap yang memakai ban medium atau hard banyak yang mengeluh karena kehabisan grip, tapi kenapa Marquez yang menggunakan ban Soft tidak?

Artikel ini bukan bertujuan propaganda. Banyak orang yang beranggapan bahwa Marquez menggunakan ban ghoib, atau bisa dibilang mendapatkan ban khusus dari Michelin, karena olahraga ini juga sebagian politik, tapi apakah itu mungkin?

Jawabannya adalah tidak. Mungkin kita bisa berasumsi begini dan begitu, tapi kalau beranggapan bahwa Marquez mendapatkan ban khusus dari Michelin sepertinya itu tidak mungkin.

Terus bagaimana bisa ban yang digunakan Marquez selalu awet hingga akhir balapan? Jawabannya kembali pada faktor, faktor cuaca, faktor suhu, faktor gaya balap, dan terutama faktor pembalap.

Semua tergantung bagaima pembalap mengelola ban tersebut agar grip bisa bertahan sampai akhir balapan, dan Marquez mampu melakukan itu semua entah bagaimana caranya.

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here