Beranda MotoGP Lihat perbedaan Fairing Yamaha, Suzuki dan Aprilia ini, Ducati akan nyusul sementara...

Lihat perbedaan Fairing Yamaha, Suzuki dan Aprilia ini, Ducati akan nyusul sementara Honda?

Monsterbalap – Sejak sayap Aerodinamis Winglet dilarang, banyak pabrikan MotoGP yang berputar otak untuk berinovasi melakukan trobosan guna mencari alternatif lain untuk menggantikan Winglet, termasuk diantaranya yaitu dengan cara memodifikasi Fairing.

Fairing ini diciptakan untuk menggantikan peran winglet untuk tujuan Aerodinamis. Yamaha, Suzuki dan Aprilia telah resmi menampakan Fairing modifikasi mereka, Ducati juga akan berencana mengenalkan fairing yang berjenis sama yang kemungkinan akan dipakai di MotoGP Qatar. Sementara Honda sebagai pebrikan yang melarang keras Aerodinamis Winglet sampai saat ini belum ada rencana ataupun wacana untuk membuat hal yang sama, yaitu fairing modifikasi.

Setiap pabrikan mempunyai bentuk fairing yang berbeda-beda sesuai pemikiran para insinyur para pabrikan tersebut. Berikut perbedaan fairing antara Yamaha, Suzuki dan Aprilia

1. Yamaha

Fairing Yamaha

Yamaha mempunya bentuk Fairing yang sedikit gemuk di bagian fairing bawah. Sangat berbeda sekali dengan fairing lama mereka yang terlihat ramping. Di fairing Yamaha terlihat tertanam dua Winglet di antara lapisan dalam dan lapisan luar. Sebenarnya jika lapisan diluar di lepas itu akan tetap tampak bahwa itu winglet,cuma bedanya adalah terdapat lapisan luar sebagai tutupnya.

Fairing baru Yamaha tampak gemuk di bagian sayap bawah. Winglet tersembunyi Yamaha terletak tepat di belakang roda depan.

2. Suzuki

Fairing Suzuki


Desain fairing Suzuki tidak jauh berbeda dengan desain Yamaha. Perbedaanya terletak pada winglet yang tertanam di antara kedua lapisan, jika Yamaha menanamkan dua winglet maka Suzuki hanya menanamkan satu winglet. Secara tampilan fairing Suzuki tampak sangat gemuk, ibarat orang seperti orang yang lagi mengidap sakit “gondokan” pada pipi.

Fairing baru Suzuki tampak gemuk di bagian head fairing (sayap atas). Fairing setan Suzuki terletak diatas roda depan.

3. Aprilia

Fairing Aprilia


Bisa dibilang desain fairing Aprilia ini sangat berbeda dengan fairing Yamaha dan Suzuki. Tidak terlihat ada bentuk winglet disana, namun bentuk fairing bagian atas yang berbentuk siku-siku memanjang tersebut bisa dinilai mempunyai fungsi yang sama dengan winglet, karena juga terdapat lorong (lubang) yang mengarah kedalam untuk jalan hantaman angin. Fairing Aprilia terletak tepat diatas roda depan.

Nahhh seperti itulah bagaimana penampakan dan perbedaan antara Fairing Yamaha, Suzuki dan Aprilia. Kita hanya tinggal menunggu desain fairing setan dari Ducati saja yang diperkirakan akan tampil unik (anti mainstream). Sementara Honda diyakini tidak akan membuat hal yang sama jika mengingat pernyataan dari Livio Suppo yang mengatakan bahwa Winglet tidak terlalu berpengaruh terhadap performa motor.

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here