Profil Dan Desain Layout Sirkuit Mandalika Lombok, MotoGP Indonesia 2021

Indonesia resmi menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2021 di sirkuit Mandalika, Lombok tengahh, NTB. Pihak pengelola sirkuit dan Dorna sebagai promotor MotoGP telah menyapakati kontrak selama 3 tahun dengan durasi tahun 2021-2023.

Jelas ini sebuah capaian yang sangat luar biasa untuk MotoGP Indonesia. Tahun-tahun sebelumnya Indonesia juga telah diwacanakan akan menggelar MotoGP, baik itu di sirkuit Sentul maupun di Palembang, namun itu hanya menjadi sebuah wacana yang tak terealisasikan alias gagal.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2019

Justru sekarang tanpa berita yang heboh seperti sebelumnya  Indonesia dengan sirkuit Mandalika berhasil mengikat kontrak dengan Dorna. Lalu seperti apa bentuk dan desain sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini? Yuk intip Profil lengkapnya.

Profil Sirkuit Mandalika:

Sirkuit Mandalika mengusung konsep sirkuit jalanan pertama di dunia. Jika dilihat dari desain yang beredar saat ini layout Sirkut Mandalika mempunyai 18 tikungan. Untuk saat ini kita belum mengetahui apakah arah putarannya searah dengan jarum jam atau justru berlawanan.

Kebanyakan layout sirkuit saat ini arah putarannya sama dan searah dengan jarum jam, Yaitu ke kanan. Hanya ada beberapa sirkuit saja yang putarannya melawan arah jarum jam, seperti Austin, Aragon, Sachsenring, dan Phillip Island.

Jika putaran layout sirkuit Mandalika searah dengan jarum jam maka Sirkuit Mandalika akan mempunyai 12 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri dengan panjang sirkuit 4,23 km.

Untuk sarana penunjangnya seperti Paddock sirkuit Mandalika memiliki 40 Paddock untuk operasional tim balap. Kapasitan grand stand sirkuit Mandalika mencapai 93.000 tempat duduk dan 138.700 area tanpa tempat duduk, Serta tambahan hospitality suites yang menampung 7.700 penonton.

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here