Beranda MotoGP Tips dan cara menikung yang ideal dan aman

Tips dan cara menikung yang ideal dan aman

Monsterbalap | cara menikung

Monsterbalap – Selamat Pagi, Siang dan malam Mas brow dan Mbak brow. Sesuai judul artikel pada kesempatan kali ini mbah akan sedikit mengulas tutorial soal tata cara Corenering/Menikung yang ideal. Ini tips dari mbah sendiri bukan dari seorang konstruksi balap,jadi harap di maklumin jika ada tips yang bertentangan dengan cara menikung kalian sendiri. Oke cekidott…..

1. Nomor satu sudah jelas yang di perhatikan adalah Safety gear untuk ridding anda, karena kalau ridding/berkendara anda untuk kebutuhan menikung itu sangat beresiko, jadi keamanan yang paling utama.

Saat hendak menikung pasti ada dari kalian yang mungkin merasa takut atau paling tidak merasa deg-degan,ya thow…apalagi untuk kalian yang cara berkendaranya kaku. Tenang aja brad/sist,saat hendak nikung intinya kita harus mempunyai keyakinan,yakin bisa!!! kalau tidak yakin yaa nggak bakal belok,yang ada malah bablasss wkwkwkwk….

2. To Corner (menuju tikungan): Disini kita harus membaca situasi antara jarak anda dengan tikungan, anda pun juga harus bisa mengira-ngira kecepatan anda dan kapan waktu yang tepat untuk menginjak Rem. Untuk pengereman anda bebas mau ngerem late braking (terlambat ngerem) atau (ngerem terlalu dini) asalkan anda punya feeling yang tepat.

Usahakan saat beberapa detik menuju tikungan posisi badan anda harus pas. Misalnya 10 meter sebelum tikungan gesture badan anda harus udah agak condong (tidak condong banget) ke arah sesuai tikungan (bukan berlawanan dengan arah tikungan) untuk menimbulkan efek percaya diri anda. Itu penting!!! Coba bayangkan jika posisi badan anda masih tegak,terus saat pas sudah tiba di tikungan dan anda mengayunkan badan secara tiba-tiba,itu sangat tidak di anjurkan karena efek tekanan pada traksi akan semakin besar (motor seperti kaget),apalagi kalau motor kita motor bebek dengan ban ukuran kecil,jelas itu sangat berbahasa, yang ada malah salto.

Monsterbalap | gesture body memasuki tikungan

Untuk mengarahkan gesture badan sesuai arah tikungan biasanya di barengin saat kita menginjak rem, sengaja mbah kasih pict nya Marquez karena mbah nyari poto yang lokal (non MotoGP) nggak ada,tapi tetap sama aja kok pakai motor bebek pun juga harus ada efek gesture badanya. Untuk menginjak rem anda bebas mau dekat tikungan atau jauh sebelum tikungan,itu tergantung kecepatan anda dan feeling anda, tapi usahakan untuk tidak terlalu dekat untuk tetap bisa berada di racing line yang pas (jalur yang tepat).

Usahakan saat hendak memasuki tikungan sambil ngerem sambil ngurangin gigi (porseneling) juga,karena efek memperlambat laju motornya bisa maksimal, jangan ngurangi gigi saat di dalam tikungan atau saat posisi miring.

3. In Corner (di dalam tikungan): Bagian ini yang harus sangat di perhatikan,why?? karena anda salah sedikit saja anda bisa di lempar sama motor. Saat di tikungan kebanyakan orang yang mungkin belum tahu tata cara menikung yang benar biasanya badan mereka justru condong ke arah yang berlawanan (tidak mengikuti posisi motor dan arah tikungan), itu salah kaprah, karena apa? karena itu bertentangan terhadap tekanan pada Ban, dan bahkan bisa terjadi low side.

Badan kita harus condong ke arah yang sesuai, lalu condongnya seberapa? apa harus keluar banget ala Marc Marquez?? haha enggak juga brow,itu tergantung feeling, catatanya gini: Badan anda condong sedikit,maka motor harus miring banget buat mendapatkan fast corner (kecepatan tikungan), badan anda terlalu condong keluar maka kemiringan motor tidak seberapa tapi kamu bisa mengatur throttle dengan pas untuk mendapatkan lebih kecepatan tikungan karena efek gesture yang di timbulkan oleh badan. Apalagi kalau badan tegak lurus sejajar dengan posisi motor maka motor bener-bener harus miring banget buat dapet fast corner. Dan yang paling keren adalah badan condong berlawanan dengan arah tikungan,kecepatan buat anda terbang pun juga semakin cepat ekekekek…. :p ¬†. So, itu sesuai kebutuhan masing-masing.

Tapi yang paling inti adalah posisi pantat alias bokong harus geser dari jok motor,itu sangat berguna. Untuk badan bagian atas terserah mau bergelantungan ataupun tegap ala ridding style  Body Out nya Marc Marquez.

Dan yang harus di ingat saat berasa di dalam tikungan adalah “di larang injak rem”, bisa sulapan anda!!! Karena itu sangat berbahaya soalnya posisi motor dalam keadaan miring. Itulah kenapa di atas tadi mbah nyuruh anda mengerem di titik yang pas ketika mau masuk tikungan. Pokoknya jangan sekali-kali injak rem ketika posisi motor udah miring,apalagi kalau grip ban sudah aus alias habis.

4. Out Corner (keluar tikungan): Saat masih di dalam tikungan jika waktunya sudah pas untuk betot tuas gas maka tarik lah buat mendapatkan kecepatan,jangan menunggu posisi motor dan badan tegap dulu karena anda bisa ketinggalan dengan rival anda. Tapi ingat,saat posisi miring betot gas nya jangan serentak,jadi anda harus pelan-pelan alias halus dalam melintir gas,seperti anda melintir itu, ahhh apa sih mbah?? wkwkwkwk…..

5. Chicane: Chicane adalah sebuah tikungan yang berbentuk “S”,setelah tikungan ada tikungan lagi tapi dengan arah yang berlawanan. Bagaimana cara melewatinya? sama saja dengan point nomor 2 (memasuki tikungan). saat anda sudah keluar dari tikungan pertama dan hendak memasuki tikungan selanjutnya yang berlawanan arah,maka anda harus punya feeling juga buat nglepasin gas, untuk rem bisa di injak bisa tidak tergantung kecepatan,karena dengan melepaskan gas saja sudah bisa memperlambat laju motor dengan engine brake (rem mesin saat ngurangin gigi). Selanjutnya masih sama dengan point nomor 3-4.

Oke,,,kira-kira seperti itulah cara menikung yang ideal menurut mbah. Kalau ada yang kurang monggo di tambahin lewat kolom komentar. Semoga bermanfaat buat anda. Byy!!!!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here