Cara Dan Biaya Balik Nama Motor Serta Kapan Harus Dilakukan

Cara mengurus dan biaya balik nama motor atau mobil

Di zaman modern seperti sekarang ini memiliki kendaraan pribadi merupakan sesuatu hal yang wajib baik itu motor maupun mobil guna mendukung rutinitas sehari-hari. Motor merupakan salah satu pilihan yang paling digemari rakyat Indonesia. Selain terjangkau juga karena motor bisa melaju lebih cepat di jalan yang transportasinya padat.

Setiap tahun, bahkan setiap bulan selalu ada motor ataupun mobil keluaran terbaru, namun meski begitu banyak orang yang enggan membeli motor dalam kondisi baru, kebanyakan dari mereka lebih memilih membeli motor second.

Faktor terbesar yang membuat mereka lebih memilih membeli motor second adalah karena harganya yang lebih murah. Namun membeli akan banyak kendala saat kita membeli motor second, diantaranya adalah saat kita mau bayar pajak STNK tahunan kita harus pinjam KTP si pemilik lama, dan nama BPKB masih atas nama orang lain atau pemilik terdahulu.

Sebenarnya itu bukan suatu kendala atau masalah yang serius jika nama dalam STNK atau BPKB adalah saudara atau orang terdekat kita sendiri, tapi jika namanya adalah orang lain? Yaa sebisa mungkin harus kita urus balik nama.

Balik nama motor atau mobil sebenarnya bukan sesuatu yang sulit, namun juga bukan sesuatu yang mudah. Karena masih banyak orang yang tidak tahu prosedur dan cara balik nama motor atau mobil.

Masih banyak orang yang menganggap balik nama kendaraan bermotor merupakan hal yang  sepele, padahal ini sangat penting untuk ke depannya. Maka dari itu disini Mbah akan jelaskan tentang bagaimana cara mengurus balik nama kendaraan baik itu motor maupun mobil.

Sebelum menuju ke cara pengurusan balik nama motor, alangkah baiknya Kamu mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengurusnya. Syarat yang pertama adalah Motor atau mobil, pastikan motor dalam keadaan siap. Syarat yang lainnya adalah KTP asli, STNK asli, dan Kwitansi pembelian. Jika tidak mempunyai Kwitansi jual beli karena proses pembeliannya langsung ke orangnya, kamu bisa meminta petugas untuk membuatkan kwitansinya, atau Kamu bisa memakai kwitansi toko beserta materai.

Cara Mengurus Balik Nama Motor

Akan ada beberapa tahapan-tahapan saat Anda hendak melakukan pengurusan balik nama motor. Disini mbah akan uraikan satu persatu.

A. Biaya Balik Nama Motor Atau Mobil

Sebelum pergi ke samsat alangkah baiknya Anda mencari tahu perkiraan biaya balik nama untuk motor atau mobil anda. Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui perkiraan biaya balik nama motor Anda.

1. BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Untuk motor baru Bea Balik Nama sebesar 10%. Namun untuk motor bekas atau second sebesar 2/3 atau sekitar 66,67% dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Lihat gambar STNK di atas. Contoh jika biaya pajaknya (PKB) sebelumnya Rp 720.000 maka BBN KB nya adalah sekitar Rp. 480.000. Cara menghitungnya kurang lebih seperti ini: 720000+66,67%= RP. 1.200.024. 1200024-720000= Rp, 480.024.

2. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Nantinya Anda harus membayar pajak untuk STNK baru yang sudah terdapat nama Anda. besarnya pajak (PKB) tidak sama dengan PKB di STNK sebelumnya, namun cenderung turun sesuai harga jual motor dan usia motor. Jadi PKB lama bisa jadi patokan untuk PKB yang akan dibayarkan pada STNK baru biaya balik nama motor.

3. Biaya SWDKLLJ

SWDKLLJ merupakan singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan atau sering disebut sebagai biaya Jasa Raharja. Biaya SWDKLLJ tergantung kapasitas motor, untuk motor dibawah 250cc biaya SWDKLLJ nya sebesar 35.000.

4. Biaya Administrasi STNK dan TNKB

Baiaya STNK dan TNKB nantinya akan tertera pada STNK baru. Untuk STNK sekitar 100.000 dan untuk TNKB 60.000.

5. Biaya Pendaftaran

Untuk biaya pendaftaran tergantung dari samsat. Setiap samsat berbeda-beda, dan inilah yang kerap disalah gunakan oleh para pungli, jadi harap berhati-hati. Biayanya tidak terlalu mahal, sekitar 100.000.

Total Perkiraan Biaya Balik Nama yang diperlukan

Jika Anda sudah tahu apa saja yang harus dibayar saat proses biaya balik nama motor. Sekarang mari kita perkirakan biaya balik nama motor jika PKB sebelumnya adalah Rp. 720.000. Gambar STNK di atas adalah STNK Ninja 250 Fi.

  • Biaya PKB = Rp. 720.000
  • Biaya BBN KB (2/3 x PKB) = Rp. 480.000
  • Biaya SWDKLLJ = Rp. 35.000
  • Biaya Administrasi STNK = Rp. 100.000
  • Biaya Administrasi TNKB = Rp. 60.000
  • Biaya Pendaftaran = Rp. 100.000

Jika dihitung maka kita harus menyiapkan uang sekitar Rp. 1.495.000. Tentu saja setiap motor akan berbeda. Biaya tersebut belum biaya fotocopy dan uang bensin ya. Belum lagi kalau ada keterlambatan dalam membayar pajak pada STNK sebelumnya.

Cara Mengurus Balik Nama Motor

1. Datang ke Kantor Samsat

Sebelum datang ke samsat pastikan persyaratan Dokumen sudah lengkap. Jika persyaratan sudah lengkap silahkan datang ke kantor samsat terdekat sesuai domisili pemilik motor yang baru (KTP Anda). Namun jika proses balik nama dilakukan antar daerah yang berbeda, maka Anda harus datang ke Samsat yang sesuai dengan domisili pemilik motor asli sebelumnya.

Contoh pengurusan beda wilayah dari Surabaya ke Jakarta. misalnya domisili pemilik motor sebelumnya adalah di kota Surabaya maka Anda harus datang ke Samsat Surabaya terlebih dahulu untuk proses cabut berkas, jika sudah kemudian Anda bisa mengurus proses balik nama di Samsat Jakarta.

2. Cek Fisik Kendaraan

Langkah selanjutnya adalah melakukan cek fisik kendaraan. Bawa motor Anda ke bagian cek fisik. Cek fisik dilakukan oleh petugas samsat, dan kemungkinan akan dikenakan biaya sekitar Rp. 30.000. Oh iya, dalam proses balik nama motor pastikan motor kamu dalam keadaan standar pabrik.

Setelah cek fisik selesai dilakukan nanti Anda akan diberikan hasil cek fisik berupa form kertas yang berisi nomor mesin dan nomor rangka motor Anda. Berikan form hasil cek fisik beserta berkas-berkas persyaratan yang telah Anda bawa sebelumnya ke loket pengesahan cek fisik tukar nama, jangan sampai salah loket ya.

Jika petugas loket sudah selesai melakukan pengabsahan nanti Anda akan diberikan hasil sah tes fisik berupa berkas. Sebelum ke proses selanjutnya yaitu datang ke loket Pendaftaran Balik Nama jangan lupa berkas hasil cek fisik Anda fotocopy terlebih dahulu.

3. Pendaftaran Balik Nama

Loket pendaftaran balik nama biasanya tidak jauh dari loket cek fisik. Berikan semua berkas yang telah Anda bawa sebelumnya dan Petugas akan memeriksa berkas Anda. Setelah berkas selesai diperiksa nanti Anda akan diberikan tanda terima berkas (sebagai bukti bahwa berkas Anda sedang diproses), petugas juga akan mengembalikan semua berkas Anda kecuali STNK asli maupun fotocopy.

Pada proses tersebut kemungkinan Anda akan dikenakan biaya sekitar 30rb dan akan diminta untuk kembali ke samsat pada waktu yang telah ditentukan.

6. Datang Kembali Ke Samasat Ambil Surat Dan Bayar Pajak

Setelah tiba di hari yang telah ditentukan sebelumnya silahkan Anda datang kembali ke kantor samsat dengan membawa Tanda terima berkas dan BPKB asli (bawa semua berkas sebelumnya jika diperlukan). Serahkan semua berkas ke loket Balik nama.

Setelah itu petugas loket Balik nama akan memberikan surat pemberitahuan pajak baru yang harus dibayar. Jika Anda belum tahu berapa biaya yang harus Anda bayar silahkan Anda kembali membaca artikel ini yang bagian ‘Biaya Balik Nama’ di atas. Silahkan datang ke loket pembayaran untuk melunasi pajak.

Setelah Anda meulnasi pajak, Anda akan dipanggil kembali untuk mengambil STNK baru atas nama Anda.

Balik Nama BPKB

Setelah Anda mendapatkan STNK baru atas nama Anda, Anda masih harus melakukan proses balik nama BPKB Anda.

1. Datang ke Polda

Dalam proses balik nama BPKB Anda tidak bisa mengurusnya di samsat. Silahkan datang ke Polda dengan membawa berkas fotocopy KTP, fotokopi STNK yang baru, fotokopi hasil tes fisik kendaraan, fotokopi kwitansi pembelian motor, BPKB asli dan fotokopinya.

2. Membayar Biaya Balik Nama BPKB dan Serahkan Berkas

Datangi loket Balik Nama BPKB dengan menunjukkan berkas lengkap kepada petugas. Setelah dokumen lengkap Anda akan diberikan formulir pendaftaran yang harus Anda isi dan slip pembayaran balik nama. Anda bisa langsung membayarnya di loket Bank yang telah disediakan.

Setelah melakukan pembayaran silahkan fotocopy terlebih dahulu bukti pembayarannya lalu tempelkan pada formulir pendaftaran yang telah Anda isi, tempelkan juga sticker khusus jika Anda mendapatkannya. Berikan formulir tersebut beserta berkas Anda sebelumnya ke petugas loket Balik Nama BPKB.

Petugas akan memberikan tanda terima yang di dalamnya terdapat tanggal pengambilan BPKB yang baru. Jangan lupa simpan baik-baik tenda terima tersebut beserta tanda bukti pembayaran yang asli karena nanti akan diminta saat pengambilan BPKB baru,

3. Ambil BPKB Baru

Pada waktu yang telah dijanjikan petugas sebelumnya silahkan datang kembali ke Polda untuk mengambil BPKB yang baru. Berikan Tanda terima serta bukti pembayaran dan Fotocopy KTP kepada petugas loket. Setelah selesai diproses maka Anda akan diberikan BPKB baru yang sudah jadi atas nama Anda.

Setelah mengetahui cara mengurus balik nama motor mungkin Anda masih bertanya-tanya, kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan balik nama motor atau mobil? Sebelum bayar pajak, setelah bayar pajak, atau dibiarkan telat pajaknya? Ini adalah bagian yang semua orang belum tahu.

Jangan sampai salah waktu untuk melakukan balik nama kendaraan kalau Kamu tidak ingin rugi.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Balik Nama Motor?

Lakukan Balik Nama Motor sebelum jatuh tempo pajak. Misal pajak Kamu jatuh pada tanggal 10, lakukan proses balik nama sebelum tanggal 10 atau paling lambat pas tanggal 10. Jangan sampai melakukan proses balik nama setelah jatuh tempo tanggal 10.

Jika kamu melakukan proses balik nama pada tanggal sebelum jatuh tempo (misal tanggal 5) Anda hanya perlu membayar pajak satu kali saja saat STNK baru atas nama Anda sudah jadi. Jadi pajak yang harusnya Anda bayar pada tanggal 10 tidak perlu kamu bayar.

Telat bayar 1 hari sama dengan telat 1 bulan. Misal kamu balik nama pada tanggal 15 yang berarti Kamu memiliki tanggungan pajak yang telat tanggal 10 tadi, maka Kamu akan terkena KP (Kena Pajak) dan harus menyelesaikan atau membayar tanggungan pajak yang sebelumnya telat beserta dendanya. Dan setelah proses balik nama beres Kamu kembali diwajibkan membayar pajak lagi pada STNK baru yang atas nama Anda. Rugi bukan karena membayar pajak dua kali?

Lalu gimana jadinya kalau misal kita sudah membayar pajak pada waktunya misal tanggal 10 dan kita melakukan proses balik nama tanggal 15, apakah kita tidak perlu membayar pajak pada STNK baru yang atas nama kita? Jawabannya salah! Loh kok gitu, kan kita baru saja bayar pajak tanggal 10? Pajak yang sudah Kamu bayar tanggal 10 tersebut hangus!

Ya begitulah kenyataanya. Meskipun kamu sudah bayar pajak tepat waktu (red:tgl 10) dan kamu melakukan proses balik nama pada tanggal 15 hanya selisih lima hari, maka pajak yang sudah kamu bayarkan pada tgl 10 sebelumnya hitungannya akan hangus, dan kamu diwajibkan membayar pajak kembali pada STNK baru atas nama kamu. Sangat merugikan bukan?

Jika kasusnya seperti ini lebih baik lakukan proses balik nama pada tahun berikutnya sebelum jatuh tempo.

Begitupun saat ada pemutihan atau pengapusan denda pajak dan grati Bea Balik Nama. Misal pemutihan dimulai pada tanggal 25 dan pajak kamu tanggal 10. Lebih baik melakukan proses balik nama sebelum tanggal 10 atau menunggu pemutihan tanggal 25? Jawabannya adalah tanggal 10.

Meskipun kamu melakukan balik nama saat pemutihan yang dimana biaya balik nama digratiskan, jika dihitung-hitung kamu tetap rugi. Karena kamu juga diharuskan menyelesaikan pembayaran jika ada keterlambatan pajak, dan jika tidak ada keterlambatan, pajak yang sebelumnya sudah kamu bayarkan juga hangus.

Karena pada dasarnya gratis biaya balik nama pada saat pemutihan itu yang gratis cuma BBN nya saja, pajak dan yang lain tetap wajib dibayarkan. Sedangkan BBN itu tidak terlalu mahal, hanya 2/3 atau 66,67% dari pajak (PKB). Kesimpulannya adalah, lakukan proses balik nama motor pada waktu yang tepat.

Setelah membaca artikel di atas apakah kamu sudah paham? Jika sudah silahkan lakukan proses balik nama kendaraan Anda. Terima kasih.

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here