Review Oli Motul 5100 15w50 Di Ninja 250 Fi Vs 10w40

Monsterbalap.com, Ninja 250 Fi – Duhhh udah lama banget nih Si Mbah lama nggak ngurusin Blog, sampai terbengkalai begini ehehe… Ok baiklah, sebagai comeback dari pertapaan yang begitu menyita waktu, kali ini Mbah akan membahas tentang oli Ninja 250 Fi lebih tepatnya review Oli Motul 5100 15w50 di Ninja 250 Fi.

Di buku panduan Ninja 250 Fi sebenarnya sudah dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk menggunakan oli dengan Viskositas SAE 10W-40 yang merupakan oli yang bisa digunakan untuk berbagai kondisi, namun dalam keadaan tertentu kita juga boleh menggunakan oli dengan SAE yang berbeda sesuai kondisi atmosfer daerah si pengendara.

Kembali ke topik utama yaitu Mbah akan sedikit mereview tentang penggunaan Oli Motul 5100 15w-50 pada Ninja 250 Injeksi yang Mbah gunakan saat ini. Lohhh kenapa sampean nggak patuh sama buku panduan Mbah, ko malah pakai 15w-50 bukannya 10w-40? Ehehehe… sebenarnya bukannya nggak patuh sih, tapi ini sebuah kesalahan (humman error) saat beli oli.

Biasanya Mbah juga pakai Motul 5100 10w40, tapi kemarin Mbah salah beli yg SAE 15w50, dan parahnya lagi Mbah tahunya kalau itu oli yang SAE 15W50 saat oli udah Mbah isikan ke mesin, kan bangkeee… Sempet berpikir mau mbah ganti (Tab) lagi, tapi masak iya udah beli mahal-mahal 300.000 nggak dipakai wkwkwk. Pikir mbah yaudah deh coba aja enak atau enggaknya, paling tidak dipakai untuk 1000km baru ganti lagi.

Nahhh apakah kamu pengen tahu gimana rasanya pakai Motul 5100 15w50 di Ninja 250 Fi?

  1. Suara mesin

Hal pertama yang Mbah rasakan adalah adanya perbedaan pada suara mesin, yappp dengan motul 5100 15w50 suara mesin jadi lebih halus ketimbang Motul 10w40. Karena pada dasarnya oli dengan Viskositas 15w-50 lebih kental dari pada 10w-40. Huruf W sendiri artinya adalah Winter. Angka paling depan sebelum huruf W adalah tingkat kekentalan oli saat suhu dingin, yang berarti 15w bisa digunakan di suhu dingin -15 s.d -20 deg C, dan 10W bisa digunakan di suhu dingin -20 s.d -25 deg C.

Dan kode angka setelah huruf W seperti SAE 40 atau SAE 50 merupakan kode yang menunjukkan tingkat viskositas/kekentalan pelumas pada suhu tinggi atau tingkat kekentalan oli saat mesin dalam kondisi bekerja/sudah panas. Nilai SAE yang semakin besar maka tingkat viskotisnya juga semakin besar alias semakin kental, jadi itulah kenapa Motul 5100 15w50 bisa membuat mesin Ninja 250 lebih halus karena memang lebih kental dari pada motul 5100 10w40..

Tapi apakah itu sesuatu yang baik? Ya mungkin ada baiknya ada juga sisi negatifnya. Baiknya adalah suara mesin jadi lebih halus, tapi apakah menurut kamu mesin yang halus dapat menjadi ukuran mesin motor kamu akan awet dan bagus dalam jangka panjang? Tentu saja tidak, kita nggak boleh berpikir sesubjektif seperti itu.

Kita lihat dulu latar belakang jenis mesin motor kita, karena setiap mesin motor dibangun dengan tingkat kerenggangan/kecelahan komponen logam mesin yang berbeda-beda dan membutuhkan oli dengan tingkat kekentalah yang berbeda pula.

Sedangkan mesin motor Ninja 250 Fi dibangun dengan tingkat kepresisian yang tinggi yang membuat celah antar komponen menjadi sangat minim dan sempit, jadi sangat tidak cocok jika menggunakan oli yang kental karena akan ada celah komponen mesin yang tidak terlumasi dengan baik, yang tentu saja dapat berakibat buruk pada komponen tersebut seperti keausan komponen karena terjadi gesekan yang tidak optimal pada komponen tersebut saat suhu tinggi.

2. Shifting gear/perpindahan gigi

Perbedaan yang Mbah rasakan selanjutnya saat pakai Motul 5100 15w-50 ketimbang 10w40 adalah Shifting gear yang halus. Biasanya saat oper/pindah gigi porseneling sangat keras hingga bunyi CEKLAKKK sekarang jadi semakin halus, cuma saat pindah dari gigi 1 ke gigi 2 aja yang masih sedikit kasar, dikitt bangetttt.

3. Akselerasi dan Top speed

Mesin halus, shifting gear/oper gigi juga halus, lalu gimana dengan akselerasi dan kecepatan larinya/Top Speed? Nahh ini yang paling Mbah nggak suka, Akselerasi jadi lelet cuyyy. Tapi nggak lelet banget kok, sedikit banget bahkan untuk merasakan keletannya itu sangat sulit ditemukan karena perbedaanya memang sedikit sekali. Akan terasa banget saat diajak pencilakan alias geber-geberan.

Top speed gimana? Hemmm untuk top speed sih menurut Mbah sama aja ya, misal dengan oli sebelumnya yang 10w40 bisa tembus 200km/h, dengan oli 15w50 juga tetap bisa tembus 200km/h namun dengan capaian waktu yang lebih lambat karena akselerasi yang kurang. Misal sebelumnya kecepatan 200km/h dapat dicapai dalam waktu 10detik, dengan 15w50 bisa lebih lambat hingga 13detik.

Over all sih Motul 5100 15w50 juga bagus, apa lagi kalau sudah panas.

So, jadi kamu pilih yang mana? Oli dengan SAE 10W-40 atau 15W50 untuk mesin motor Ninja 250 Fi milikmu? Yaa kalau saran Mbah sih tetap pakai oli yang direkomendasikan dari Pabrikan Kawasaki, yaitu 10w-40. Alasannya yaa silahkan baca kembali ulasan di atas yang bagian pengertian seluk beluk jenis oli.

Ok, Mbah pikir cukup segitu yaa untuk review oli Motul 5100 15w-50 di Ninja 250 Fi, sekaligus juga membandingkan dengan oli 10w-40, semoga membantu dan agar lebih berhati-hati memilih oli.

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here