Beranda Motor Tips Merawat Warna Cat Motor Supaya Mengkilap Dan Awet

Tips Merawat Warna Cat Motor Supaya Mengkilap Dan Awet

Cara merawat cat motor – Motor yang bersih merupakan cerminan dari pengguna yang mempunyai rasa kasih sayang tinggi hehe. Pasti kamu pengen banget kan warna motor kamu tetap mengkilap dan kinclong supaya dibilang penyayang? Yuk bahas tips merawat cat body motor di bawah ini.

Percuma punya motor bagus tapi kusam nggak terawat, mending motor jelek tapi terawat dan bersih. Mau gimana pun motor yang bersih itu sangat enak dipandang, apa lagi kalau yang naik cantik atau ganteng kayak Mbah mu iki hehehe.

Merawat warna cat pada motor itu tidak boleh asal-asalan, harus tahu apa yang harus dilakukan mulai dari hal yang paling sepele sekalipun, salah metode perawatan bisa merusak cat motor. Lalu apa saja sih tips supaya cat motor tetap mengkilap, bersih tapi tetap awet?

Cara merawat cat body motor supaya mengkilap dan awet:

  1. Cuci secara rutin
  2. Cuci motor pada waktu yang tepat
  3. Gunakan sabun cair
  4. Jangan gunakan KIT
  5. Jangan terkena panas berlebihan
  6. Hindari debu

Yuk kita bahas satu persatu uraian dari daftar tips merawat cat motor di atas:

1. Cuci secara rutin

Untuk menjaga motor tetap bersih tentu saja harus kita cuci secara rutin, paling tidak dua kali dalam seminggu. Itu bertujuan untuk menghilangkan debu dan noda yang telah menempel selama berhari-hari Karena Noda yang sudah lama menempel lalu terkena sinar matahari bisa mempengaruhi warna dan cat motor.

2. Cuci motor pada waktu yang tepat

Cuci motor juga tidak boleh sembarangan, waktunya harus tepat. Cuci motor yang baik adalah saat motor dalam keadaan dingin. Jadi, jangan cuci motor kamu dalam keadaan panas, bukan panas karena cuaca ya, tapi panas setelah pemaikaian/ridding.

Mencuci motor dalam keadaan suhu yang panas dapat menimbulkan tekanan berlebih pada body motor, apa lagi saat disiram air, itu bisa menyebabkan pengikisan pada cat motor. Jadi sebaiknya cuci motor kamu pada waktu pagi hari atau sore hari.

3. Gunakan sabun cair

Tentu saja sabun yang digunakan untuk mencuci motor adalah sabun cai. Kamu bisa gunakan shampo khusus untuk cuci moto, tapi jangan berlebihan. Kenapa? Karena di dalam shampo cuci motor terdapat bahan kimia yang bisa menyebabkan pengikisan pada cat motor.

Lalu apa yang recomended buat cuci motor Mbah? Kamu bisa menggunakan sabun cair untuk cuci piring seperti Sunlight dll, karena sabun cucui sifatnya hanya untuk mengangkat noda, bukan mengkilapkan. Setelah dicuci jangan lupa dilap pakai kain halus, kamu bisa gunakan kanebo.

4. Jangan gunakan KIT

KIT disini maksudnya adalah cairan pengkilap. Menurut sumber yang Mbah baca kesana kemari pengkilap KIT dapat menyebabkan cat motor pudar, karena kandungan di dalamnya dapat mengikis cat motor. Disinyalir saat menggunakan KIT itu warna mengkilapnya hanya sesaat saja, setelah efek kilapnya hilang maka motor akan kembali kusam. Apakah itu benar?

Untuk pastinya sih Mbah nggak tau juga ya, menurut Mbah sih boleh-boleh saja pakai KIT (pengkilap motor) asal jangan berlebihan dan keseringan.

6. Hindari panas yang berlebihan

Panas adalah salah satu penyebab alami yang bisa membuat warna cat motor menjadi kusam. Lha terus gimana dengan saya yang kerjanya di panas2an Mbah? Ya kalau berlebihan sih tidak apa-apa. Usahakan kalau parkir cari tempat yang beratap, atau kalau tidak beli kain penutup motor.

7. Hindari debu

Mosok ra oleh kenek debu Mbah? Haha ya boleh-boleh aja lah, tapi jangan biarkan debu tersebut menempel terlalu lama. Kembali di poin nomor satu, yaitu cuci secara rutin.

Harus dicoba ya, karena kebersihan motor itu penting terutama buat kamu yang masih jomblo. Udah jomblo + motor kotor = TIDAK LAKU. Selamat mencoba!

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here