Top Speed Kawasaki ZX25R Gigi 5 Hanya 160 Km/jam, Benarkah?

Kawasaki ZX25R – Rame gaesss… Mungkin dari kalian banyak yang sudah tahu juga bahwa akhir-akhir ini Channel Youtube Kawasaki Indonesia merilis sebuah video yang dimana Jonathan Rea dan Alex Lowes sedang test ride motor terbaru Kawasaki ZX25R di sirkuit Jerez, Spanyol.

Nahhh…ternyata video tersebut mampu membuat geger netijen kita yang terhormat, karena Pada video memperlihatkan jika ZX25R hanya mampu tembus 160 km/h di gigi 5.

Banyak yang bertanya “Lahhh mosok iyo sih Mbah motor 250cc 4 cylinder cuma tembus 160 km/jam di gigi 5?”. Lahh aku dewe yora ngerti cak wkwkwk… entah memang segitu atau gimana yaa enggak tahu juga.

Tapi dari pada berspekulasi dan menjudge yang negatif yang dapat menimbulkan kekacauan di dunia persilatan, yukk mending kita lihat analisa ngawur dari Mbah di bawah ini.

Pada video terlihat saat Rea menggeber Kawasaki ZX25R top speed motor tersebut hanya 160 kmh pada gear 5 dan 16.000 RPM, dan nahasnya para netijen yang maha benar langsung mempercayai apa yang mereka lihat secara kasat mata, dan nggak mau menerawang secara ghoib.

Lha menurutmu pie Mbah? Lak menurut si Mbah sih rasanya nggak mungkin kalau cuma dapet speed segitu. Kalian harus tahu dulu, saat menggeber motor pembalap biasanya mencari titik power tertinggi, bukan mencari limiter RPM. Mbah yakin saat Upshift dari gigi 5 ke gigi 6, Jonathan Rea belum mentok sampai limit RPM.

Pada motor sekarang umumnya posisi limiter ditaruh di tengah-tengah red-line. Misal rentang red line di 11.000 rpm sampai 13.000 Rpm, maka posisi limiter ada di angka 12.000 Rpm. Sementara pada Motor ZX25R terlihat jelas rentang red line ada di angka 16.000 Rpm sampai 20.000 Rpm, jadi kemungkinan Kawasaki mamatok limiternya ada di angka sekitar 17rb-18rb RPM. Saat upshift ke gigi 6 Rea baru nyentuh di angka 16.000 Rpm. Dan juga trek lurus Jeres tidak begitu panjang.

Mbah menganalisa kalau sebenarnya top speed ZX25R di gigi 5 bisa lebih dari 160 Km/h. Karena secara teknis, mesin dengan konfigurasi 4 silinder tenaga lebih melimpah saat putaran atas , beda dengan mesin 2 silinder yang dapat melemah pada kecepatan tertentu.

Selain itu ada juga faktor lain, yaitu soal gear ratio. Disinyalir Kawasaki mensetting ZX25R dengan rasio gear yang lumayan rapat. Mesin 4 silinder mempunya torsi lemah apa lagi hanya 250cc, jadi dengan mensetting rasio yang rapat dapat menutupi kelemahan di putaran bawah.

Dengan settingan rasio yang rapat ada plus minusnya juga lhoo… Plusnya putaran bawah jadi nampol tapi nafas tidak panjang dan juga kekurangan top speed. Seperti halnya Ninja 250 Fi lama yang rasio gearnya begitu rapat jadi nafasnya enggak bisa panjang.

Tapi kuwi mau yo mung sekedar analisa tog, untuk pastinya ya kita tunggu sampai ZX25R rilis di Indonesia dan Mbah mampu membelinya wkwkwkwk. Selebihnya hanya Kawasaki dan Tuhan yang tahu. Toh dalam balapan top speed bukanlah segalanya, yang utama adalah bagaimana motor bisa mencapai kecepatan tertinggi dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here