Beranda Motorsport Apa penyebab motor Satria F150 mengeluarkan asap putih dari knalpot? Ini dia...

Apa penyebab motor Satria F150 mengeluarkan asap putih dari knalpot? Ini dia penyebabnya!!

Satria F150 | Monsterbalap

Monsterbalap – Apakah kalian salah satu penunggang ayam jago Satria F150? Nahhh tentu salah satu dari motor kalian pasti pernah mengalami yang namanya Knalpot ngeluarin asap putih, ya thow?? Wes mesti yang namanya asap putih itu pasti menjadi hal yang paling menakutkan bagi kalian, bahkan juga pengguna motor lain,, yoo wajarlah tahu sendiri kan dari jaman jahiliyah sampai jaman yang terang benderang seperti sekarang ini saat motor ngeluarin asap putih pasti kita langsung memvonis “Piston” boret, yo pora??

Wes ra usah khawatir, apalagi buat kalian yang pengguna Satria FU dan asap putihnya keluar di waktu-waktu tertentu saja, Karena banyak banget penyebab Motor FU ngeluarin asap putih,bahkan bisa dibilang motor Satria FU berbeda dengan kebanyakan motor lainya, entah apa alasanya mbah yora mudeng…

Nahhh dibawah ini akan sedikit mbah jelaskan apa penyebab asap putih keluar dari knalpot FU, ini menurut pengalamanya mbah aja sih. Pertamanya mbah juga sama langsung memvonis “wadohhh sekher’ku boret iki” tapi setelah mbah cari tahu lebih detailnya akhirnya mbah nemu penyebabnya, soalnya nggak cuma sekali atau dua kali knalpot mbah ngeluarin nafas putih. Oke kalau gitu.. cekidot….

1. Musim hujan
Nahhh ini yang pertama yang bikin mbah baper soal vonis piston, malamnya motor mbah kehujanan diluar rumah dengan kondisi body bagian leher mbah lepas, keesokan harinya motor susah nyala “walahh nyaopo iki” di genjot -100 kali juga nggak bunyi. Lalu mbah genjot sambil buka gas agak banyak berkali-kali akhirnya motor bunyi dan…busyett Knalpot kemebulll asap putih “wanjerrr pistonku,bakal keluar 500ribu nih”, tapi agak lega asep putih hilang beberapa menit kemudian,tapi pada saat itu vonis mbah masih ke piston.

Hari-hari selanjutnya kejadian yang sama terulang lagi, pikir mbah wahhh aneh iki, nahh setelah mbah selidiki ternyata “Hujan” adalah biang keladinya nahh dari situlahh lalu mbah minta maaf kepada piston dan janji nggak akan menuduhnya lagi.

Alasanya begini: karena itu di pengaruhi oleh kelembaban udara dan tekanan udara yang mempengaruhi mesin, yang memberikan efek kondensasi terhadap knalpot. Jadi itu wajar nggak usah dibikin pusing karena akan hilang sendiri.

2. Knalpot baru atau ada spare part baru
Biasanya Motor akan sedikit ngebul setelah kita melakukan pergantian spare part, misalnya piston ataupun ring piston, ra usah khawatir itu semua disebabkan karena lapisan anti karat yang terdapat di spare part juga ikut terbakar, apalagi saat mengganti knalpot baru. Nahhh gejala yang disebabkan oleh alasan ini biasanya akan berlangsung selama sekitar satu bulanan.

3. Embun
Saat kita manasin motor di pagi hari biasanya asap putih akan keluar dari knalpot (jarang terjadi). Sebenarnya itu hal yang wajar karena embun di dalam knalpot menguap akibat panas yang disebabkan pembakaran dari dalam mesin. Tapi tenang, asap ini akan hilang setelah motor panas.

Nahhh kira-kira itulah penyebab kenapa motor terutama Satria FU kadang-kadang bernafaskan asap putih. Sebenarnya masih banyak lagi penyebab-penyebab lainya seperti batang Valve yang baret ataupun bengkok dan seal klep yang bocor, itupun asap yang dihasilkan tidak putih alias agak sedikit pekat kehitaman. Tapi kalau kalian merasa bahwa motor kalian baik-baik saja sebelumnya jadi nggak perlu dulu memvonis part yang ada di dalam mesin, terutama Piston.

Tapi kalau memang Motornya sudah ngebul di setiap saat yaasudahh saatnya kalian untuk memvonis Piston, dan merelakan 500ribu anda kepada bengkel ehehehe…

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here