Beranda blog

Bukan Musuh Utama, Tapi Kenapa Marquez Benci Rossi?

Balapan di Misano, Italia 15/09/2019 ternyata menciptkan polemik panjang antara Marc Marquez dan Valentino Rossi. Terutama tentang apa yang dilakukan marc Marquez terhadap Rossi dan penggemarnya di Misano.

Marquez berhasil memenangkan balapan di Misano. Setelah balapan selesai Marquez mengatakan bahwa insiden antara Dirinya dan Rossi di sesi kualifikasi membuat Marquez mendapatkan motivasi lebih untuk menang.

Itu suatu pernyataan yang memiliki arti ganda. Rossi pun menanggapi pernyataan Marquez tersebut dengan mengatakan “Saya tidak perlu berseteru dengan pembalap lain untuk mendapatkan motivasi ekstra”.

Apa yang terjadi di sesi kualifikasi mungkin juga bukan sesuatu yang kebetulan, sepertinya Marquez sudah merencanakan sesuatu saat membuntuti Rossi. Karena normalnya pembalap akan menjaga jarak untuk mendaptkan waktu terbaik saat kualifikasi, tapi kenapa Marquez tidak melakukan itu? Dan kenapa harus Rossi? Padahal Dia sendiri tahu bahwa Rossi bukan pembalap yang cepat untuk mendapatkan waktu terbaik saat kualifikasi. Dan tanpa membuntuti Rossi pun Marquez bisa meraih pole dengan sendirinya.

Saat balapan selesai Marquez juga melakukan selebrasi yang sangat berlebihan yang sebelumnya belum pernah Ia lakukan. Dia terus berteriak sepanjang selebrasi. Saat selebrasi di lintasan Ia juga seperti memberikan gesture yang kurang sopan di depan pendukung Rossi, seolah-olah memberitahukan kepada orang-orang “Bahwa akulah yang berkuasa”.

Dan saat di Prc Ferme, Marquez juga melakukan hal yang sama. Ia terus berteriak dan memberikan gesture yang berlebihan ke pendukung Rossi yang hadir disana, seolah-olah Ia berkata “Ayo teriaki, teriaki saya sesuka kalian” seperti yang dikatan oleh Guido Meda.

Lalu kenapa Marquez melakukan itu semua padahal musuh utama Marquez dalam klasemen bukanlah Rossi? Dia mengalahkan Rossi pun juga bukan sesuatu yang sulit. Why?

Menurut saya, Marquez melakukan itu bukan untuk menunjukkan siapa yang paling cepat dan siapa yang menang, tapi Dia ingin membuktikan bahwa dirinya yang paling hebat. Lalu kenapa harus ke Rossi dan pendukung Rossi? Karena seperti yang kita tahu bahwa saat ini Rossi masih menjadi sesuatu yang istimewa untuk olahraga MotoGP, dan Marquez ingin menghapus itu. Lalu kenapa harus di Misano? Ya karena itu rumahnya Rossi.

Marquez selalu dihantui bayang-bayang Rossi. Semua apa yang dilakukan Rossi sudah ia lakukan/tiru. Jumlah juara pun sebentar lagi Marquez juga akan bisa menyamai Rossi, bahkan dengan sangat mudah. Tapi Marquez merasa itu belum cukup. Lalu ia mencoba memprovokasi fans Rossi dengan selebrasi dan gesture yang kurang layak diprtontonkan.

Jadi kesimpulannya adalah tujuan Marquez melakukan itu bukan untuk mengalahkan Valentino Rossi di sirkuit dan catatan rekor, tapi untuk mengalahkan NAMA BESAR Valentino Rossi di olahraga MotoGP. Karena Marquez menginginkan tempat itu.

Berikan Rating sekarang!

Hasil Race MotoGP Misano Italia 2019 Beserta Review

Misano, Italia – MotoGP seri ke-13 kali ini digelar di sirkuit San Marino MotoGP di Misano. Balapan berjalan sangat biasa, momen overtaking pun sangat minim dipertontonkan karena setiap pembalap mempunyai strategi yang berbeda-beda.

Vinales mengawali balapan dari grid terdepan. Ia sempat memimpin balapan untuk beberapa lap sebelum akhirnya disalip oleh Fabio Quartararo yang merupakan pembalap Satelite Yamaha di tim Petronas Yamaha.

Start dari posisi 1 belum cukup mengantarkan Vinales untuk meraih kemenangan, namun finish di posisi ketiga juga bukan hasil yang buruk.

Sementara rekan Vinales sekaligus pembalap tuan Rumah, Valentino Rossi harus puas finish di posisi keempat. Rossi mengawali balapan dari grid ke-7. Tentu itu bukan awal yang baik mengingat performa Yamaha M1 yang kurang maksimal musim ini.

Rossi harus bersusah payah melawan Pol Esoargaro dan anak didiknyam Franco Morbidelli. Sebagai pembalap tuan rumah tentu saja targetnya adalah menang, namun finish di urutan keempat tidak akan menurunkan popularitasnya di hadapan ribuan pendukungnya yang hadir hampir di setiap tempat di sirkuit Misano.

Pol Espargaro bersama KTM RC16 sebelumnya membuat kejutan. Ia berhasil membuat lap tercepat 1’32.560 di ssesi kualifikasi dan berhasil start dari posisi kedua. Namun sayang saat sesi balapan ia melakukan start kurang baik dan posisinya terus merosot yang membuatnya finish di urutan ke-7.

Fabio Quartararo benar-benar membuktikan kapasitasnya sebagai seorang pembalap. Meskipun Ia seorang Rookie di musim ini dan hanya menggunakan motor satelite tapi Ia mampu bersaing di barusan depan melawan pembalap papan atas macam Marquez.

Meskipun belum pernah meraih kemenangan di kelas utama MotoGP, namun Fabio mampu menutup kesenjangan antara pembalap pabrikan dan satelite. Finish di posisi kedua merupakan hasil yang luar biasa.

Setelah mengalami insiden dengan Valentino Rossi di sesi kualifikasi, membuat Marquez start dari posisi ke-5. Seperti biasa, Marquez melakukan start dengan sangat baik. Sepanjang balapan Ia hanya mengikuti Fabio Quartararo untuk menemukan celah overtaking.

Ia tidak melakukan manuver apa pun, Ia memilih menunggu hingga lap terakhir untuk melakukan aksi overtakingnya. Ia sangat hati-hati mungkin untuk menghindari supaya kejadian di balapan Silverstone Inggris tidak terulang lagi.

Dengan hanya melakukan dua aksi overtaking sudah bisa membuatnya meraih kemenangan. Kini Ia semakin kokoh di puncak klasemen dengan poin 275, unggul 93 poin dari Dovizioso yang berada di posisi kedua di klasemen sementara MotoGP 2019.

Hasil Lengkap Balapan MotoGP Misano Italia 2019

1 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
2 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)*
3 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
4 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
5 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
6 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP19)
7 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
8 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)*
9 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19)
10 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP19)
11 Johann Zarco FRA Red Bull KTM Factory (RC16)
12 Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)
13 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP18)
14 Jorge Lorenzo SPA Repsol Honda (RC213V)
15 Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM Tech3 (RC16)
16 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)*
17 Karel Abraham CZE Reale Avintia Ducati (GP18)
18 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

DNF:

Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)
Michele Pirro ITA Ducati Team (GP19)
Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)*

Berikan Rating sekarang!

Ciabatti: Jika Tidak Ada Marquez, Dovizioso Sudah Juara Dunia

Setelah mengalami kecelakaan pada MotoGP Inggris minggu lalu, Dovizioso menjalani rehabilitasi dengan dokter fisik Fabrizio Borra yang merupakan dokter andalan Ducati juga telah dikenal selama bertahun-tahun.

Fabrio Borra juga berhubungan sangat dekat Fernando Alonso. Dovi harus segera pulih tujuannya untuk melakoni tes di sirkuit Misano pada hari kamis dan jum’at.

Tentu saja Dovizioso tidak akan pulih seratus persen jadi dia tidak akan mengambil resiko terlalu berlebihan dalam tes nanti. Tapi diharapkan Dovi bisa memberi feed back positif untuk tim.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam paddock Ducati saat ini tidak begitu harmonis karena ada ketegangan antara Dovizioso dan Gigi Dall’igna. Tapi meski begitu, Boss Ducati, Paolo Ciabatti mengungkapkan bahwa Ducati tetap bekerja secara profesional.

“Meski terdapat ketegangan, tapi kita semua tetap bekerja profesional dan memberikan paket terbaik untuk pembalap. Nyatanya  di Brno dapat podium dua, dan bahkan di Austria Dia juga mendapat kemenangan secara fantastis. Itu menunjukkan bahwa kami semua bekerja sangat profesional” Ucap Ciabatti.

Ciabatti mengklaim bahwa Ducati bersama Dovizioso sudah menjadi tim kuat, dan jika seandainya tidak ada Marquez, Dovi sudah meraih juara dunia pada musim 2017-2018.

” Márquez adalah pembalap yang fenomenal, ini juga berlaku untuk Stoner. Tidak ada pembalap lain yang saat ini dapat berkenda sekonsisten ini, bahkan di semua trek. Jika tidak ada Márquez dalam perebutan gelar, maka kami akan menang pada 2017 dan 2018 dengan Dovi.” Ucap Ciabatti.

Berikan Rating sekarang!

Klasemen MotoGP 2019 Sementara Setelah MotoGP Silverstone Inggris

 

Marc Marquez semakin kokoh di puncak klasemen setelah balapan di MotoGP Silverstone Inggris 2019. Meskipun finish di posisi kedua namun saingan beratnya musim ini, Dovizioso gagal meraih poin karena mengalami kecelakaan.

1 Marc MARQUEZ Honda SPA 250
2 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 172
3 Alex RINS Suzuki SPA 149
4 Danilo PETRUCCI Ducati ITA 145
5 Maverick VIÑALES Yamaha SPA 118
6 Valentino ROSSI Yamaha ITA 116
7 Jack MILLER Ducati AUS 94
8 Fabio QUARTARARO Yamaha FRA 92
9 Cal CRUTCHLOW Honda GBR 88
10 Franco MORBIDELLI Yamaha ITA 69
11 Pol ESPARGARO KTM SPA 68
12 Takaaki NAKAGAMI Honda JPN 62
13 Joan MIR Suzuki SPA 39
14 Aleix ESPARGARO Aprilia SPA 33
15 Francesco BAGNAIA Ducati ITA 29
16 Andrea IANNONE Aprilia ITA 27
17 Miguel OLIVEIRA KTM POR 26
18 Johann ZARCO KTM FRA 22
19 Jorge LORENZO Honda SPA 21
20 Stefan BRADL Honda GER 16
21 Tito RABAT Ducati SPA 14
22 Michele PIRRO Ducati ITA 9
23 Sylvain GUINTOLI Suzuki FRA 7
24 Hafizh SYAHRIN KTM MAL 6
25 Karel ABRAHAM Ducati CZE 5
26 Bradley SMITH Aprilia GBR

Berikan Rating sekarang!

Setelah Dovi, Kini Marquez Dipecundangi Alex Rins | Hasil MotoGP Silverstone 2019

MotoGP Inggris 2019 – Start dari grid pertama, Marc Marquez memulai balapan dengan sangat baik diikuti oleh Valentino Rossi yang start dari posisi kedua. Namun sayang sekali start dari posisi kedua tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Rossi.

Posisi Rossi terus menurun, disalip Alex Rins dan bahkan juga disalip oleh rekan setimnya sendiri, Maverick Vinales.

Marquez sedari start langsung melesat kedepan guna berusaha meninggalkan lawannya, namun dengan motor Suzuki Rins mampu terus mendekati posisi Marquez.

Kita tahu top speed Honda RC213V sangat cepat, sedangkan Suzuki kalah cepat. Saat keluar tikungan jelas sekali akselerasi Rins kalah jauh sama Marquez.

Sulit sekali untuk Rins menemukan celah karena Mrquez bersama motornya sangat sempurna. Berkali-kali Rins melakukan kesalahan namun tetap tidak menyerah.

Di sirkuit MotoGP Silverstone Inggris Rins tahu bahwa motornya kalah speed dengan motor Marquez, Dia berusaha mencari celah dan tikungan menjadi solusi terakhirnya.

Pada satu lap sebelum berakhir, Rins mencoba mengambil Marquez dari sisi luar, hampir berhasil namun gagal.

Pada lap terakhir dan tikungan terakhir Marquez mengantisipasi agar Rins tidak mengambil sisi luar, dengan cara menutup line sisi luar. Namun sayang sekali Rins merubah taktik dengan cara mengambil Marquez dari sisi dalam dan berhasil overtaking Marquez pada detik-detik terakhir sekaligus membuatnya meraih kemenangan pada MotoGP Silverstone Inggris 2019.

Hasil lengkap MotoGP Silverstone Inggris 2019:

Pos Rider Nat Team Points Diff.
1 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 250
2 Andrea Dovizioso ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 172 (-78)
3 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 149 (-101)
4 Danilo Petrucci ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 145 (-105)
5 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 118 (-132)
6 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 116 (-134)
7 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19) 94 (-156)
8 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)* 92 (-158)
9 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 88 (-162)
10 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 69 (-181)
11 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) 68 (-182)
12 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 62 (-188)
13 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 39 (-211)
14 Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 33 (-217)
15 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)* 29 (-221)
16 Andrea Iannone ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 27 (-223)
17 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 26 (-224)
18 Johann Zarco FRA Red Bull KTM Factory (RC16) 22 (-228)
19 Jorge Lorenzo SPA Repsol Honda (RC213V) 21 (-229)
20 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 16 (-234)
21 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP18) 14 (-236)
22 Michele Pirro ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 9 (-241)
23 Sylvain Guintoli FRA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 7 (-243)
24 Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM Tech3 (RC16) 6 (-244)
25 Karel Abraham CZE Reale Avintia Ducati (GP18) 5 (-245)

Berikan Rating sekarang!

Review Oli Motul 5100 15w50 Di Ninja 250 Fi Vs 10w40

Monsterbalap.com, Ninja 250 Fi – Duhhh udah lama banget nih Si Mbah lama nggak ngurusin Blog, sampai terbengkalai begini ehehe… Ok baiklah, sebagai comeback dari pertapaan yang begitu menyita waktu, kali ini Mbah akan membahas tentang oli Ninja 250 Fi lebih tepatnya review Oli Motul 5100 15w50 di Ninja 250 Fi.

Di buku panduan Ninja 250 Fi sebenarnya sudah dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk menggunakan oli dengan Viskositas SAE 10W-40 yang merupakan oli yang bisa digunakan untuk berbagai kondisi, namun dalam keadaan tertentu kita juga boleh menggunakan oli dengan SAE yang berbeda sesuai kondisi atmosfer daerah si pengendara.

Kembali ke topik utama yaitu Mbah akan sedikit mereview tentang penggunaan Oli Motul 5100 15w-50 pada Ninja 250 Injeksi yang Mbah gunakan saat ini. Lohhh kenapa sampean nggak patuh sama buku panduan Mbah, ko malah pakai 15w-50 bukannya 10w-40? Ehehehe… sebenarnya bukannya nggak patuh sih, tapi ini sebuah kesalahan (humman error) saat beli oli.

Biasanya Mbah juga pakai Motul 5100 10w40, tapi kemarin Mbah salah beli yg SAE 15w50, dan parahnya lagi Mbah tahunya kalau itu oli yang SAE 15W50 saat oli udah Mbah isikan ke mesin, kan bangkeee… Sempet berpikir mau mbah ganti (Tab) lagi, tapi masak iya udah beli mahal-mahal 300.000 nggak dipakai wkwkwk. Pikir mbah yaudah deh coba aja enak atau enggaknya, paling tidak dipakai untuk 1000km baru ganti lagi.

Nahhh apakah kamu pengen tahu gimana rasanya pakai Motul 5100 15w50 di Ninja 250 Fi?

  1. Suara mesin

Hal pertama yang Mbah rasakan adalah adanya perbedaan pada suara mesin, yappp dengan motul 5100 15w50 suara mesin jadi lebih halus ketimbang Motul 10w40. Karena pada dasarnya oli dengan Viskositas 15w-50 lebih kental dari pada 10w-40. Huruf W sendiri artinya adalah Winter. Angka paling depan sebelum huruf W adalah tingkat kekentalan oli saat suhu dingin, yang berarti 15w bisa digunakan di suhu dingin -15 s.d -20 deg C, dan 10W bisa digunakan di suhu dingin -20 s.d -25 deg C.

Dan kode angka setelah huruf W seperti SAE 40 atau SAE 50 merupakan kode yang menunjukkan tingkat viskositas/kekentalan pelumas pada suhu tinggi atau tingkat kekentalan oli saat mesin dalam kondisi bekerja/sudah panas. Nilai SAE yang semakin besar maka tingkat viskotisnya juga semakin besar alias semakin kental, jadi itulah kenapa Motul 5100 15w50 bisa membuat mesin Ninja 250 lebih halus karena memang lebih kental dari pada motul 5100 10w40..

Tapi apakah itu sesuatu yang baik? Ya mungkin ada baiknya ada juga sisi negatifnya. Baiknya adalah suara mesin jadi lebih halus, tapi apakah menurut kamu mesin yang halus dapat menjadi ukuran mesin motor kamu akan awet dan bagus dalam jangka panjang? Tentu saja tidak, kita nggak boleh berpikir sesubjektif seperti itu.

Kita lihat dulu latar belakang jenis mesin motor kita, karena setiap mesin motor dibangun dengan tingkat kerenggangan/kecelahan komponen logam mesin yang berbeda-beda dan membutuhkan oli dengan tingkat kekentalah yang berbeda pula.

Sedangkan mesin motor Ninja 250 Fi dibangun dengan tingkat kepresisian yang tinggi yang membuat celah antar komponen menjadi sangat minim dan sempit, jadi sangat tidak cocok jika menggunakan oli yang kental karena akan ada celah komponen mesin yang tidak terlumasi dengan baik, yang tentu saja dapat berakibat buruk pada komponen tersebut seperti keausan komponen karena terjadi gesekan yang tidak optimal pada komponen tersebut saat suhu tinggi.

2. Shifting gear/perpindahan gigi

Perbedaan yang Mbah rasakan selanjutnya saat pakai Motul 5100 15w-50 ketimbang 10w40 adalah Shifting gear yang halus. Biasanya saat oper/pindah gigi porseneling sangat keras hingga bunyi CEKLAKKK sekarang jadi semakin halus, cuma saat pindah dari gigi 1 ke gigi 2 aja yang masih sedikit kasar, dikitt bangetttt.

3. Akselerasi dan Top speed

Mesin halus, shifting gear/oper gigi juga halus, lalu gimana dengan akselerasi dan kecepatan larinya/Top Speed? Nahh ini yang paling Mbah nggak suka, Akselerasi jadi lelet cuyyy. Tapi nggak lelet banget kok, sedikit banget bahkan untuk merasakan keletannya itu sangat sulit ditemukan karena perbedaanya memang sedikit sekali. Akan terasa banget saat diajak pencilakan alias geber-geberan.

Top speed gimana? Hemmm untuk top speed sih menurut Mbah sama aja ya, misal dengan oli sebelumnya yang 10w40 bisa tembus 200km/h, dengan oli 15w50 juga tetap bisa tembus 200km/h namun dengan capaian waktu yang lebih lambat karena akselerasi yang kurang. Misal sebelumnya kecepatan 200km/h dapat dicapai dalam waktu 10detik, dengan 15w50 bisa lebih lambat hingga 13detik.

Over all sih Motul 5100 15w50 juga bagus, apa lagi kalau sudah panas.

So, jadi kamu pilih yang mana? Oli dengan SAE 10W-40 atau 15W50 untuk mesin motor Ninja 250 Fi milikmu? Yaa kalau saran Mbah sih tetap pakai oli yang direkomendasikan dari Pabrikan Kawasaki, yaitu 10w-40. Alasannya yaa silahkan baca kembali ulasan di atas yang bagian pengertian seluk beluk jenis oli.

Ok, Mbah pikir cukup segitu yaa untuk review oli Motul 5100 15w-50 di Ninja 250 Fi, sekaligus juga membandingkan dengan oli 10w-40, semoga membantu dan agar lebih berhati-hati memilih oli.

Berikan Rating sekarang!

Tips Merawat Warna Cat Motor Supaya Mengkilap Dan Awet

Cara merawat cat motor – Motor yang bersih merupakan cerminan dari pengguna yang mempunyai rasa kasih sayang tinggi hehe. Pasti kamu pengen banget kan warna motor kamu tetap mengkilap dan kinclong supaya dibilang penyayang? Yuk bahas tips merawat cat body motor di bawah ini.

Percuma punya motor bagus tapi kusam nggak terawat, mending motor jelek tapi terawat dan bersih. Mau gimana pun motor yang bersih itu sangat enak dipandang, apa lagi kalau yang naik cantik atau ganteng kayak Mbah mu iki hehehe.

Merawat warna cat pada motor itu tidak boleh asal-asalan, harus tahu apa yang harus dilakukan mulai dari hal yang paling sepele sekalipun, salah metode perawatan bisa merusak cat motor. Lalu apa saja sih tips supaya cat motor tetap mengkilap, bersih tapi tetap awet?

Cara merawat cat body motor supaya mengkilap dan awet:

  1. Cuci secara rutin
  2. Cuci motor pada waktu yang tepat
  3. Gunakan sabun cair
  4. Jangan gunakan KIT
  5. Jangan terkena panas berlebihan
  6. Hindari debu

Yuk kita bahas satu persatu uraian dari daftar tips merawat cat motor di atas:

1. Cuci secara rutin

Untuk menjaga motor tetap bersih tentu saja harus kita cuci secara rutin, paling tidak dua kali dalam seminggu. Itu bertujuan untuk menghilangkan debu dan noda yang telah menempel selama berhari-hari Karena Noda yang sudah lama menempel lalu terkena sinar matahari bisa mempengaruhi warna dan cat motor.

2. Cuci motor pada waktu yang tepat

Cuci motor juga tidak boleh sembarangan, waktunya harus tepat. Cuci motor yang baik adalah saat motor dalam keadaan dingin. Jadi, jangan cuci motor kamu dalam keadaan panas, bukan panas karena cuaca ya, tapi panas setelah pemaikaian/ridding.

Mencuci motor dalam keadaan suhu yang panas dapat menimbulkan tekanan berlebih pada body motor, apa lagi saat disiram air, itu bisa menyebabkan pengikisan pada cat motor. Jadi sebaiknya cuci motor kamu pada waktu pagi hari atau sore hari.

3. Gunakan sabun cair

Tentu saja sabun yang digunakan untuk mencuci motor adalah sabun cai. Kamu bisa gunakan shampo khusus untuk cuci moto, tapi jangan berlebihan. Kenapa? Karena di dalam shampo cuci motor terdapat bahan kimia yang bisa menyebabkan pengikisan pada cat motor.

Lalu apa yang recomended buat cuci motor Mbah? Kamu bisa menggunakan sabun cair untuk cuci piring seperti Sunlight dll, karena sabun cucui sifatnya hanya untuk mengangkat noda, bukan mengkilapkan. Setelah dicuci jangan lupa dilap pakai kain halus, kamu bisa gunakan kanebo.

4. Jangan gunakan KIT

KIT disini maksudnya adalah cairan pengkilap. Menurut sumber yang Mbah baca kesana kemari pengkilap KIT dapat menyebabkan cat motor pudar, karena kandungan di dalamnya dapat mengikis cat motor. Disinyalir saat menggunakan KIT itu warna mengkilapnya hanya sesaat saja, setelah efek kilapnya hilang maka motor akan kembali kusam. Apakah itu benar?

Untuk pastinya sih Mbah nggak tau juga ya, menurut Mbah sih boleh-boleh saja pakai KIT (pengkilap motor) asal jangan berlebihan dan keseringan.

6. Hindari panas yang berlebihan

Panas adalah salah satu penyebab alami yang bisa membuat warna cat motor menjadi kusam. Lha terus gimana dengan saya yang kerjanya di panas2an Mbah? Ya kalau berlebihan sih tidak apa-apa. Usahakan kalau parkir cari tempat yang beratap, atau kalau tidak beli kain penutup motor.

7. Hindari debu

Mosok ra oleh kenek debu Mbah? Haha ya boleh-boleh aja lah, tapi jangan biarkan debu tersebut menempel terlalu lama. Kembali di poin nomor satu, yaitu cuci secara rutin.

Harus dicoba ya, karena kebersihan motor itu penting terutama buat kamu yang masih jomblo. Udah jomblo + motor kotor = TIDAK LAKU. Selamat mencoba!

Berikan Rating sekarang!

Kualifikasi MotoGP Spanyol 2019: Yamaha Satelite Pole, Yamaha Pabrikan Hancur

Hasil Kualifikasi MotoGP Jerez Spanyol 2019 – Hari ini adalah hari yang menyenangkan buat Tim Yamaha Petronas, karena kedua pembalapnya Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli berhasil meraih posisi satu dan dua pada sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2019 di sirkuit Jerez.

Quartararo berhasil meraih waktu terbaik 1:36.880s unggul 0.082s dari rekan setimnya Morbidelli. Quartararo mampu menggusur posisi Marquez pada putaran terakhir.

Jika Yamaha Petronas sukses, sebaliknya dengan Yamaha pabrikan yang menuai hasil buruk. Kedua pembalap Monster Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales harus memulai sesi kualifikasi dari Q1.

Vinales lolos ke Q2, sementara Rossi tidak. Vinales mempunyai kesempatan memperbaiki namun dan Dia berhasil menempati posisi ke-5. Sementara Valentino Rossi harus start dari posisi ke-13 pada balapan besok.

Marc Marquez yang diprediksi akan meraih pole harus puas start dari posisi ketiga diikuti oleh Andrea Dovizioso.

Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Jerez Spanyol 2019:

1 20 Fabio QUARTARARO FRA Petronas Yamaha SRT Yamaha 281.6 1’36.880
2 21 Franco MORBIDELLI ITA Petronas Yamaha SRT Yamaha 284.7 1’36.962 0.082 / 0.082
3 93 Marc MARQUEZ SPA Repsol Honda Team Honda 286.8 1’36.970 0.090 / 0.008
4 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Mission Winnow Ducati Ducati 287.3 1’37.018 0.138 / 0.048
5 12 Maverick VIÑALES SPA Monster Energy Yamaha MotoGP Yamaha 281.1 1’37.114 0.234 / 0.096
6 35 Cal CRUTCHLOW GBR LCR Honda CASTROL Honda 286.2 1’37.175 0.295 / 0.061
7 9 Danilo PETRUCCI ITA Mission Winnow Ducati Ducati 286.2 1’37.209 0.329 / 0.034
8 30 Takaaki NAKAGAMI JPN LCR Honda IDEMITSU Honda 281.2 1’37.332 0.452 / 0.123
9 42 Alex RINS SPA Team SUZUKI ECSTAR Suzuki 284.0 1’37.351 0.471 / 0.019
10 63 Francesco BAGNAIA ITA Pramac Racing Ducati 286.4 1’37.384 0.504 / 0.033
11 99 Jorge LORENZO SPA Repsol Honda Team Honda 286.0 1’37.496 0.616 / 0.112
12 36 Joan MIR SPA Team SUZUKI ECSTAR Suzuki 280.3 1’37.514 0.634 / 0.018
13 46 Valentino ROSSI ITA Monster Energy Yamaha MotoGP Yamaha 285.4 1’37.371 0.207 / 0.072
14 6 Stefan BRADL GER Team HRC Honda 286.3 1’37.406 0.242 / 0.035
15 43 Jack MILLER AUS Pramac Racing Ducati 286.7 1’37.605 0.441 / 0.199
16 41 Aleix ESPARGARO SPA Aprilia Racing Team Gresini Aprilia 284.7 1’37.625 0.461 / 0.020
17 44 Pol ESPARGARO SPA Red Bull KTM Factory Racing KTM 286.3 1’37.798 0.634 / 0.173
18 5 Johann ZARCO FRA Red Bull KTM Factory Racing KTM 284.7 1’37.820 0.656 / 0.022
19 38 Bradley SMITH GBR Aprilia Factory Racing Aprilia 283.3 1’38.357 1.193 / 0.537
20 53 Tito RABAT SPA Reale Avintia Racing Ducati 284.2 1’38.403 1.239 / 0.046
21 17 Karel ABRAHAM CZE Reale Avintia Racing Ducati 282.0 1’38.447 1.283 / 0.044
22 88 Miguel OLIVEIRA POR Red Bull KTM Tech 3 KTM 280.7 1’38.894 1.730 / 0.447
23 55 Hafizh SYAHRIN MAL Red Bull KTM Tech 3 KTM 280.7 1’40.042 2.878 / 1.148

Berikan Rating sekarang!

Jadwal MotoGP Prancis 2019 Moto2 Dan Moto3 Sirkuit Le Mans

Le Mans – MotoGP Prancis akan digelar di sirkuit Le Mans, Prancis pada tanggal 17 Mei hingga 19 Mei 2019.

Pada balapan MotoGP Prancis musim 2018 lalu Marc Marquez sukses menjadi pemenang, diikuti oleh Petrucci dan Valentino Rossi di posisi kedua dan ketiga.

Pembalap tuan rumah Johann Zarco yang saat itu masih membela Monster Yamaha Tech 3 harus menelan pil pahit karena crash di lap ke-19.

Baca Juga: Hasil Balapan MotoGP Prancis 2018

Jadwal lengkap MotoGP Prancis 2019:

MotoGP Prancis Jumat (17/05/2019)

Latihan bebas 1 Moto3 : 14.00 – 14.40
Latihan bebas 1 MotoGP :  14.55 – 15.40
Latihan bebas 1 Moto2 : 15.55 – 16.35
Latihan bebas 2 Moto3 : 18.15 – 18.55
Latihan bebas 2 MotoGP : 19.10 – 19.55
Latihan bebas 2 Moto2 : 20.10 – 20.55

MotoGP Prancis Sabtu (18/05/2019)

Latihan bebas 3 Moto3 : 14.00 – 14.40
Latihan bebas 3 MotoGP : 14.55 – 15.40
Latihan bebas 3 Moto2 : 15.55 – 16.35
Kualifikasi 1 Moto3 : 17.35 – 17.50
Kualifikasi 2 Moto3 : 18.00 – 18.15
Latihan bebas 4 MotoGP : 18.30 – 19.00
Kualifikasi 1 MotoGP : 19.10 – 19.25
Kualifikasi 2 MotoGP : 19.35 – 19.50
Kualifikasi 1 Moto2 : 20.05 – 20.20
Kualifikasi 2 Moto2 : 20.30 – 20.45

MotoGP Prancis Minggu (19/05/2019)

WUP Moto3 : 13:4014:00
WUP Moto2 : 14:1014:30
WUP MotoGP : 14.40 – 15.00
Race Moto3 : 16.00
Race Moto2 : 17.20
Race MotoGP : 19.00

Berikan Rating sekarang!

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Satria FU - Penyebab dan sara mengatasi motor susah hidup

Motor susah hidup itu memang sangat menjengkelkan, apa lagi ketika pagi hari pas mau berangkat kerja kita meski susah payah berjibaku dengan starter motor karena motor susah hidup. Ya kalau electric starternya fungsi, kalau enggak? Bisa pegel duluan ntuh kaki mancal engkol starter.

Motor susah hidup sering kali terjadi, bukan motor tua saja tapi motor yang tergolong masih baru pun bisa saja mengalami masalah yang demikian.

Lalu apa sih penyebab motor susah hidup saat pagi hari atau saat mesin motor dingin? Penyebabnya banyak banget gaes, mulai dari karena motor hilang kompresi, masalah pada karburator, busi sudah waktunya ganti, klep bermasalah, bensin habis, amal ibadah kurang, dan masih banyak lainnya.

Masalah yang paling penyebab motor susah hidup itu karena tidak sempurnanya ruang pembakaran. Saat pagi hari atau saat mesin tidak lama dihidupkan, udara lebih kaya dari pada bensin saat mesin dingin. Jadi semua aspek yang ada pada settingan motor harus pas, tidak perlu sempurna kok, karena kesempurnaan hanyak milik Tuhan YME. Lalu bagaimana cara mengatasi motor susah hidup?

Ok, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini mulai dari komponen yang paling mudah hingga yang paling sulit.

1. Karburator

Karburator merupakan salah satu komponen penting buat motor (kecuali injeksi), karena karburator mempunyai peranan penting dalam mensuplai campuran udara dan bensin di dalam ruang bakar.

Saat kondisi dingin karburator akan kesulitan menemukan campuran yang pas ke ruang bakar karena udara terlalu kaya. Lalu bagaimana solusinya supaya mesinnya lebih mudah nyala?

Usahakan saat hendak menghidupkan mesin motor di pagi hari dibantu dengan menggunakan ‘Choke’ atau menutup ventury karbu jika karburator kamu open filter. Tarik tuas choke hingga mesin menyala. Karena dengan di choke karburator bisa mensuplai bensin lebih banyak. Itu salah satu cara sederhana untuk mengatasi motor susah hidup;

Tapi bagimana jika kita ingin menormalkan masalah tersebut supaya tidak menggunakan choke? Solusinya adalah dengan mengganti Spuyer Pilot Jet dengan ukuran yang lebih besar.

Pilot jet dengan ukuran lebih besar akan mampu mensuplai bensin lebih banyak, sehingga campuran udara dan bensin bisa imbang. Seperti halnya motor satria Fu punya Mbah yang susah hidup, Mbah ganti pilot jet dengan ukuran yang lebih besar dan akhirnya normal.

2. Busi

Busi sering kali menjadi tersangka kedua setelah karburator saat kita sedang mencari penyebab motor susah hidup.

Silahkan kamu chek busi kamu apakah masih normal atau tidak. Bagaimana cara membedakan busi yang masih bagus dan yang sudah waktunya ganti?

Kamu cek apakah percikan apinya masih normal atau tidak. Jika percikan api yang dikeluarkan berwarna putih sedikit kebiru-biruan maka busi kamu masih normal dan berfungsi dengan baik.

Tapi kalau percikan api nya berwarna merah berarti businya perlu diganti dengan yang baru.

3. Kerenggangan atau celah klep

Celah klep yang terlalu renggang dapat menyebabkan kompresi mesin motor menurun atau hilang. Dan mesin motor yang hilang kompresi dapat menyebabkan mesin motor susah hidup.

Karena celah klep yang terlalu renggang menyebabkan aliran bensin ke ruang bakar menjadi sedikit sehingga motor susah nyala.

Jika ingin menyetel klep sebaiknya bawa ke bengkel dan serahkan pada ahlinya, karena saya tahu kebanyakan orang tidak mengerti apa itu klep dan cara menyetelnya.

Nah itu lah beberapa ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi motor susah hidup. Lalu bagaimana jika motor masih tetap susah hidup padahal ketiga komponen di atas sudah diperbaiki? Yang paling penting jangan buru-buru ganti motor, tapi bawa motor kamu ke bengkel untuk dilakukan service besar.

Berikan Rating sekarang!

Lastest Post

Popular Post