Beranda Motor Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Satria FU - Penyebab dan sara mengatasi motor susah hidup

Motor susah hidup itu memang sangat menjengkelkan, apa lagi ketika pagi hari pas mau berangkat kerja kita meski susah payah berjibaku dengan starter motor karena motor susah hidup. Ya kalau electric starternya fungsi, kalau enggak? Bisa pegel duluan ntuh kaki mancal engkol starter.

Motor susah hidup sering kali terjadi, bukan motor tua saja tapi motor yang tergolong masih baru pun bisa saja mengalami masalah yang demikian.

Lalu apa sih penyebab motor susah hidup saat pagi hari atau saat mesin motor dingin? Penyebabnya banyak banget gaes, mulai dari karena motor hilang kompresi, masalah pada karburator, busi sudah waktunya ganti, klep bermasalah, bensin habis, amal ibadah kurang, dan masih banyak lainnya.

Masalah yang paling penyebab motor susah hidup itu karena tidak sempurnanya ruang pembakaran. Saat pagi hari atau saat mesin tidak lama dihidupkan, udara lebih kaya dari pada bensin saat mesin dingin. Jadi semua aspek yang ada pada settingan motor harus pas, tidak perlu sempurna kok, karena kesempurnaan hanyak milik Tuhan YME. Lalu bagaimana cara mengatasi motor susah hidup?

Ok, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini mulai dari komponen yang paling mudah hingga yang paling sulit.

1. Karburator

Karburator merupakan salah satu komponen penting buat motor (kecuali injeksi), karena karburator mempunyai peranan penting dalam mensuplai campuran udara dan bensin di dalam ruang bakar.

Saat kondisi dingin karburator akan kesulitan menemukan campuran yang pas ke ruang bakar karena udara terlalu kaya. Lalu bagaimana solusinya supaya mesinnya lebih mudah nyala?

Usahakan saat hendak menghidupkan mesin motor di pagi hari dibantu dengan menggunakan ‘Choke’ atau menutup ventury karbu jika karburator kamu open filter. Tarik tuas choke hingga mesin menyala. Karena dengan di choke karburator bisa mensuplai bensin lebih banyak. Itu salah satu cara sederhana untuk mengatasi motor susah hidup;

Tapi bagimana jika kita ingin menormalkan masalah tersebut supaya tidak menggunakan choke? Solusinya adalah dengan mengganti Spuyer Pilot Jet dengan ukuran yang lebih besar.

Pilot jet dengan ukuran lebih besar akan mampu mensuplai bensin lebih banyak, sehingga campuran udara dan bensin bisa imbang. Seperti halnya motor satria Fu punya Mbah yang susah hidup, Mbah ganti pilot jet dengan ukuran yang lebih besar dan akhirnya normal.

2. Busi

Busi sering kali menjadi tersangka kedua setelah karburator saat kita sedang mencari penyebab motor susah hidup.

Silahkan kamu chek busi kamu apakah masih normal atau tidak. Bagaimana cara membedakan busi yang masih bagus dan yang sudah waktunya ganti?

Kamu cek apakah percikan apinya masih normal atau tidak. Jika percikan api yang dikeluarkan berwarna putih sedikit kebiru-biruan maka busi kamu masih normal dan berfungsi dengan baik.

Tapi kalau percikan api nya berwarna merah berarti businya perlu diganti dengan yang baru.

3. Kerenggangan atau celah klep

Celah klep yang terlalu renggang dapat menyebabkan kompresi mesin motor menurun atau hilang. Dan mesin motor yang hilang kompresi dapat menyebabkan mesin motor susah hidup.

Karena celah klep yang terlalu renggang menyebabkan aliran bensin ke ruang bakar menjadi sedikit sehingga motor susah nyala.

Jika ingin menyetel klep sebaiknya bawa ke bengkel dan serahkan pada ahlinya, karena saya tahu kebanyakan orang tidak mengerti apa itu klep dan cara menyetelnya.

Nah itu lah beberapa ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi motor susah hidup. Lalu bagaimana jika motor masih tetap susah hidup padahal ketiga komponen di atas sudah diperbaiki? Yang paling penting jangan buru-buru ganti motor, tapi bawa motor kamu ke bengkel untuk dilakukan service besar.

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here