Fungsi tombol mode Power dan Eco di Satria Fu 150 buat NOS?

Helo gaes, kamu pengguna baru Satria F 150, atau mungkin pengguna lama namun belum begitu paham tentang fungsi-fungsi yang ada di speedometer Satria FU? Nahh kali ini akan mbah jelaskan khususnya tentang fungsi tombol mode indikator power dan Eco di Satria FU 150.

Banyak yang beranggapan jika tombol mode tersebut berfungsi untuk NOS yang bisa mengatur cepat lambatnya kecepetan motor wkwkwk.

Bahkan pengguna lama pun masih ada saja yang mempercayai bahwa jika Mode nya di setting ke Indikator Power akan menambah kecepatan motor, wehh wehh wehh.

Nahh biar nggak salah paham nih akan mbah jelaskan biar nggak menjadi fitnah hehehe.

1. Indikator disetting ke Mode Eco

Mode ECO disini maksudnya adalah mode Ekonomis yang berarti penghematan. Jadi jika indikator disetting ke mode ECO bisa menghemat dan mengirit BBM atau bensin. Hanya diset mode ECO bisa ngirit bensin? Tidak semudah itu Ferguzo!

Cara kerjanya begini. Jika indikator disett ke mode ECO, maka saat getaran mesin sudah di angka 4500 RPM maka lampu indikator akan berkedip-kedip putih, dan akan terus menyala warna putih jika sudah di atas RPM 5500.

Terus apa hubungannya dengan menghemat bahan bakar? Jadi, saat lampu berkedip di RPM 4500 – 5500 kamu harus segera memasukan gigi porseneling. Jadi bisa dibilang lampu berkedip tersebut sebagai peringatan agar kamu segera memasukan gigi porseneling.

Dengan getaran RPM yang tidak terlalu tinggi maka mesin akan bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Jadi kesimpulannya adalah indikator ECO bisa memberitahu kamu agar berkendara secara ekonomis.

2. Indikator disetting ke Mode POWER

Saat tombol mode diatur ke mode Power, lampu indikator akan menyala saat putaran mesin mencapai 8500 RPM. Itu sebagai pengingat bahwa pada 8500 RPM merupakan puncak tenaga dari mesin motor (Torsi maksimal). Dan jika tidak segera memasukan gigi porseneling maka itu hanya akan memboroskan bahan bakar.

Jadi jika kamu suka berkendara dengan kecepatan tinggi kamu bisa mengatur ke Mode power agar tidak terganggu dengan lampu indikator yang nyala saat putaran mesin masih rendah namun tetap dapat peringatan saat mesin sudah mencapai torsi yang maksimal, jadi akan tetap aman.

3. Mode netral (diam)

Lampu indikator tidak akan menyala dan tidak akan memberi peringatan apapun pada kondisi RPM mesin motor.

Jadi sekali lagi itu bukan tombol NOS. Dan berhenti beranggapan bahwa jika diatur di mode power bisa menambah kecepatan motor, itu tidak benar.

Nahh kira-kira seperti itulah penjelasan dari Mbah mengenai fungsi dari tombol mode pada speedometer Satria F 150.

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here