Beranda Motor Langkah-Langkah Membuat SIM C Di Satpas Colombo Surabaya

Langkah-Langkah Membuat SIM C Di Satpas Colombo Surabaya

Ujian praktek membuat SIM C di Satpas Colombo Surabaya

Surat Izin Mengemudi atau yang biasa kita sebut SIM merupakan syarat wajib bagi semua orang yang mengendarai kendaraan baik motor ataupun mobil.

Tanpa SIM kita dilarang mengendarai kendaraan jenis apapun. Jika kamu memaksakan diri berkendara tanpa SIM, maka kamu harus siap ditilang oleh petugas Satlantas. Jadi segeralah membuat SIM, tidak mahal kok.

Kali ini mbah akan memberi tahu bagaimana langkah-langkah cara membuat SIM C di Satpas Colombo Surabaya. Ini hanya sebagai contoh, di tempat lain tata cara membuat SIM kurang lebih juga sama.

Buat kamu yang domisili Surabaya tapi takut, malau, ataupun tidak tahu untuk mengurus SIM C di Satpas Colombo Surabaya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-Langkah Membuat SIM C Di Satpas Colombo Surabaya:

Silahkan datang di Satpas Colombo Surabaya dengan membawa syarat Fotocopy KTP 2 lembar. Di depan Satpas akan ada Calo yang akan menawari kamu untuk membantu untuk mengurus SIM.

Ini bukan mengada2, kenyataannya Calo di Satpas colombo jumlahnya sangat banyak dengan tarif yang berbeda-beda, mulai dari 450rb sampai 800rb untuk mengurus SIM C. Jadi usahakan jangan menggunakan jasa calo untuk mengurus SIM C.

Silahkan kamu datang di Dokter Praktek yang ada di depan Satpas Colombo untuk membuat Surat keterangan sehat dengan memberikan fotocopy KTP dan juga menyertakan KTP asli. Biayanya membuat surat kesehatan sekitar 20-25rb.

Setelah itu masuk ke Satpas Colombo Surabaya untuk mengambil nomor antrian. Nomor antrian ada dua jenis, pembuatan SIM baru dengan kode B, dan perpanjangan SIM dengan kode P.

Ambil formulir SIM di loket yang telah disediakan. Isi formulir tersebut dengan lengkap. Setelah diisi silahkan antri agar dipanggil untuk pendaftaran calon peserta.

Setelah sudah mendapat kertas pendaftaran kamu akan diarahkan untuk antre di depan ruang pengambilan foto. Setelah pengambilan foto selesai kamu meski antri lagi untuk menunggu giliran untuk melakukan ujian teori.

Pastikan kamu mempelajari dengan benar tata cara dalam menjalani ujian teori dengan komputer. Soal ujian ada 30 pertanyaan, pastikan kamu menjawab dengan benar supaya lulus.

Setelah lulus di ujian teori, kamu akan diarahkan ke tahap selanjutnya, yaitu ujian praktek. Disini adalah hal yang paling sulit. Karena untuk ujian praktek kita tidak bisa menggunakan motor sendiri, harus menggunkan motor yang telah disediakan yang dimana kita tidak terbiasa mengendarai motor tersebut.

Pastikan kamu lulus dalam ujian praktek. Setelah lulus kamu tinggal menunggu proses pencetakan SIM kamu hingga jadi.

Nah begitulah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk pembuatan SIM C di Satpas Colombo Surabaya, sangat mudah bukan? Semoga berhasil!

Berikan Rating sekarang!

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here