Beranda Info motor Cara pasang Karbu PE 28 di Satria FU 150

Cara pasang Karbu PE 28 di Satria FU 150

Pasang PE 28 Suzuki di Satria FU – Baik, disini Mbah akan menjelaskan tentang Cara pasang Karbu PE 28 pada motor Satria FU 150. Yaa mungkin udah banyak orang yang tahu, tapi kali ini Mbah akan menjelaskannya secara lengkap dan detail supaya orang awam pun bisa tahu jika ingin melakukan installasi sendiri.

Sebenarnya untuk pasang Karbu PE28 pada motor Satria FU itu nggak terlalu sulit, namun tidak mudah juga, yang penting teliti dan mengerti apa saja langkah-langkahnya.

Kenapa sih harus ganti karbu? Karena karburator bawaan Satria FU 150 ini tipe karburator Vakum dan banyak yang mengeluhkan jika karbu vakum ini kurang responsif, jadi solusinya adalah menggantinya dengan karbu konvensional seperti PE 28.

Lalu bahan part part apa saja yang dibutuhkan untuk pemasangan karbu PE 28 di motor Satria FU? Yaitu kabel gas, Selang bensin dan kran bensin.

1. Kabel Gas

Untuk pemasangan karbu PE 28 di Satria kita membutuhkan kabel gas dari motor lain, contohya disini Mbah menggunakan kabel gas milik Shogun 125. Jika kalian pakai kabel gas Shogun 125 maka kalian perlu memotong karet luarnya sekitar 3-4cm, dan kita harus membuat pengait (Cantolan) sendiri untuk mengaitkan kabel dengan skep (piston skep). Untuk membuat pengaitnya kamu bisa menggunakn solder plus timah (tenol) dengan cara melilitkan dibagian ujung kabelnya.

Kalau nggak mau ribet kamu bisa menggunakan Gas spontan yang dijual di aftermarket. Sebenarnya kamu juga bisa pakai kabel gas standar bawaan motor, tapi pada bagian kabel harus dipotong biar sesuai, tapi kalau sayang mending jangan.

2. Selang bensin

Kamu meski menyiapkan selang bensin yang lebih panjang, karena nanti pas udah dipasang posisi Karbunya harus sedikit miring dan jika menggunakan selang bensin bawaan motor maka kurang panjang.

3. Kran Bensin manual

Ini tidak wajib! Dengan menggunkan kran bensin manual maka aliran bensin bisa lebih lancar, berbeda dengan kran bensin vakum bawaan motor. Sebenarnya kamu juga tidak perlu ganti kran bensin ini, tapi ya lebih baik ikuti saja saran si Mbah ini ehehe.

Jika bahan diatas sudah dipersiapkan maka langkah selanjutnya adalah proses pemasangan Karbu PE28 di Motor Satria FU. Yuk langsung saja simak cara-caranya step by step.

Proses pemasangan karbu PE 28 di Satria FU

  • Langkah pertama tentu saja adalah melepas karbu standarnya dari Manifolddan dari karet filter.
  • Pasang karbu PE 28 pada intake manifold, disini mbah menggunakan manifold bawaan motor. Untuk pemasangannya lumayan susah, jadi lebih baik diolesi oli terlebih dahulu agar lebih mudah. Jangan lupa klem dikencangkan kembali. Tapi disarankan untuk menggunkan manifold aftermarket.
  • Posisikan karbu PE 28 sedikit miring (Gambar paling atas) supaya setelan angin-angin dan setelan gas nya tidak terhalang oleh rangka (Gambar tanda panah 1), sehingga tidak mempersulit saat melakukan proses setting.
  • Pasang selang bensin nya. Jika kamu mengganti kran bensin dengan kran manual maka bagian vakum pada karburator harus kamu tutup (gambar tanda panah 2).
  • Chek kembali semuanya dan pastikan semuanya sudah benar dan tidak ada yang kurang misal pemasangannya tidak pas ataupun ada yang kendor.

Selanjutnya adalah proses setting karburator.

PJ dan MJ (Pilot Jet dan Main Jet)

Disini Mbah menggunakan karburator PE 28 merek PANOM, kenapa tidak Keihin saja? Perlu diketahui bahwa karburator PE 28 keihin dengan harga 300-500rb rupiah itu juga bukan karbu buatan keihin asli alias KW. Jadi alasan kenapa mbah pilih Panom adalah meskipun KW tapi setidaknya buatan Panom sendiri.

Untuk ukuran PJ (Pilot jet) bawaan karburator ini adalah 115 dan ukuran Main Jet nya 38. Mbah rasa udah pas soalnya sangat mudah disetting. Setting langsamnya juga enak tidak naik turun, dan juga tidak mbrebet.

Setting Karburator PE 28

  • Hidupkan motor. Tarik dan tahan gas di 4.000 RPM. Putar idle mixture atau setelan angin-anginya searah jam sampai mentok, lalu putar kembali setelan angin-anginnya melawan arah jarum jam sebanyak 2-3 putaran hingga menemukan teriakan yang pas.
  • Setalah itu kita tinggal menyesuiakan settingan langsamnya dengan memutar setelan gas yang warna kuning. Setelan langsam yang baik di angka 1.400 RPM.

Note: Untuk proses setting mungkin tidak sama, semua tergantung ukuran PJ dan MJ nya.

Nahhh demikian artikel dari Mbah mengenai cara-cara pemasangan karburator P2 28 pada motor Satria FU, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar. Terima kasih

Komentar dengan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here